Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » PT. Sinar Mas Teken MoU Kemitraan Sawit, Bupati Ingatkan Gunakan Bibit Unggul

PT. Sinar Mas Teken MoU Kemitraan Sawit, Bupati Ingatkan Gunakan Bibit Unggul

(454 Views) Oktober 4, 2018 11:07 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Kutai Timur bersama dengan PT. Sinar Mas, terkait program kemitraan ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Desa Jak Luay, Kecamatan Muara Wahau, Rabu, 3 Oktober. Pada kesempatan tersebut, Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengingatkan peran Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk terus membina, Ismu mengingatkan jangan sampai ada bibit yang masuk yang tidak sesuai dengan yang sudah disarankan selama ini, demi menjaga produksi nantinya.

 

Sementara menurut CEO Perkebunan Sinar Mas wilayah Kaltim, Suryanto Bun, dalam kondisi apapun Sinar Mas melalui perusahaan kelapa sawit (PKS)-nya, PT Kresna Duta Agro (KDA) sudah sejalan mengakomodir gebrakan koperasi binaan, yaitu kongbeng bersatu dan tentunya atas ide kreativitas dari PPL.

 

Untuk saran Bupati Kutai Timur, mengenai penggunaan bibit yang sudah disepakati, menurut Suryanto sama dengan harapan Bupati, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama. Karena selama ini, baik kebun maupun plasma, tidak pernah ada perbedaan bibit, yang dibagikan selalu yang terbaik. Karena jika ditanam dengan bibit asal asalan, nantinya juga akan berdampak pada pihaknya. karena jika nanti produksinya menurun atau tidak tercapai, maka yang diributkan adalah perusahaan inti melalui koperasi. Untuk itu akan dikembangkan jaringan terus menerus untuk mencari bibit terbaik. mulai dari mencari bibit yang tahan kekeringan,  termasuk juga bibit yang pohonnya rendah namun produksinya tinggi serta tahan hama penyakit. 

 

Dikesempatan tersebut Suryanto juga menjelaskan, walaupun tahun ini terjadi krisis ekonomi berdampak dari produksi sawit lewat perang dagang Tiongkok- Amerika, namun tidak menjadi keluhan. Peranan koperasi dan PPL sudah punya pengalaman. Melihat hasil produksi tahun ini, PKS bertambah tiga puluh ton sawit, saat ini bisa menghasilkan produktivitas seratus delapan puluh lima ton sawit.

 

Voice : Khusnul Khotimah

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments