Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Puluhan Aliansi Buruh dan Mahasiswa Menggugat Gelar Aksi Damai, Sambut May Day

Puluhan Aliansi Buruh dan Mahasiswa Menggugat Gelar Aksi Damai, Sambut May Day

(1318 Views) Mei 2, 2017 7:41 pm | Published by | 7 Comments

Puluhan Mahasiswa Kutai Timur dan Buruh  gelar aksi damai peringatan  May Day, di Simpang Tiga Jalan AW.Syahrani (Pendidikan)

Sangatta – Puluhan Mahasiswa Kutai Timur dan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh, menggugat gelar aksi damai peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day, di Simpang Tiga Jalan AW.Syahrani (Pendidikan), Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Selasa (2/5/17).

Mahasiswa dan buruh yang tergabung dari beberapa organisasi tersebut, diantaranya, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sangatta, Satuan Pelajar Mahasiswa (Sapma PP), Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi, Badan Exekutif Mahasiswa (BEM) Stiper, Fron Nasional Perjuangan Buruh Indonesia dan Federasi Buruh Indonesia.

Aksi tersebut menyuarakan beberapa tuntutan, diantaranya, tuntaskan permasalahan BPJS Ketenagakerjaan, Pengangkatan Buruh Harian Lepas (BHL) sesuai Undang Undang Ketenagakerjaan, Penghapusan Sistem Outsourcing dan Menaikkan Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) Kabupaten Kutai Timur, sebesar 40 persen.

Ketua Sapma PP Kutim, Avivurahman, dalam orasinya mengatakan, masih banyak buruh di daerah terus menyuarakan hak dan tuntutan yang semestinya meraka dapatkan, dengan banyaknya kapitalisme yang ada di Kutai Timur, nasib buruh khususnya buruh pertanian belum mendapatkan kejelasan.

Hal senada, juga disuarakan Ketua HMI Cabang Sangatta, Alvian Sinu, dalam orasinya menekankan, agar Pemerintah terus mengawal dan menutup Perusahaan yang tidak Pro kepada buruh. Serta pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015, tentang Pengupahan, dan meminta kebebasan berserikat tanpa adanya tendensi tekanan Pemerintah dan Perusahaan.

Aksi demonstran tersebut, dijaga ketat pihak keamanan dari Polres Kutim sebanyak 90 personil, diturunkan untuk melakukan pengawalan.

Selain melakukan orasi di Simpang Tiga Jalan Pendidikan, Sangatta, Aliansi Buruh dan Mahasiswa juga melakukan aksi di Gedung DPRD Kutim di Kompleks Perkantoran Bukit Pelangi.

Voice : Reporter RPD Kutim/Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

7 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments