Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Puluhan RUMAH DI Lahap SI JAGO MERAH

Puluhan RUMAH DI Lahap SI JAGO MERAH

(817 Views) Mei 25, 2015 7:19 am | Published by | No comment

SANGATTA – Puluhan rumah penduduk dilahap si jago merah. Kebakaran terjadi Minggu (24/5) dini hari, di dua gang berbeda yakni Gg Rasidi dan Gg Hidayat di Desa Benua Baru Ilir, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) ludes terbakar.

Dalam kebakaran tersebut, beruntungnya tak ada korban jiwa. Meski terjadi di tengah lelapnya tidur, warga berhasil lari keluar rumah menyelamatkan diri.

Menurut salah satu warga setempat Rahmat Syah mengatakan kebakaran diduga akibat tegangan arus pendek atau konsleting di salah satu atap rumah warga. Kemudian api langsung menyebar ke rumah-rumah yang berada di sekitarnya. Hingga meludeskan sekitar  40 rumah. “Api pertama terlihat dari atas plafon rumah warga. Jadi kemungkinan kebakaran terjadi akibat konsleting listrik,” ujar Rahmat Syah, salah satu warga Kecamatan Sangkulirang, Minggu (24/5) kemarin.

Lebih jauh, sebagian warga korban kebakaran ditampung di halaman masjid  dan lapangan bola Rajawali. Ada pula yang menumpang di rumah keluarga. Posko bantuan sudah didirikan di kantor Camat Sangkulirang. “Kebutuhannya, pakaian dan tempat penampungan sementara serta bahan makanan. Karena rumah mereka semua ludes terbakar,” ungkap Rahmat

kebakaranSementara itu, Satu unit mobil pemadam dan satu unit mobil tangki langsung dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api di rumah penduduk yang sebagian besar terbuat dari kayu. Bersama warga lainnya, akhirnya api berhasil dikendalikan dan tidak sampai menyeberang ke gang lainnya yang ada di sekitar lokasi tersebut.

Terpisah, Camat Sangkulirang  Tajuddin mengatakan pihaknya tengah mendirikan dapur umum bagi para korban kebakaran. Selain penampungan darurat di dekat halaman masjid Ar Rahmah. “Plt Bupati Kutim, Pak Ardiansyah sudah mengirimkan terpal melalui BPBD Kutim. Sekarang informasinya masih dalam perjalanan. Kita sedang mendirikan dapur umum untuk tiga hari ke depan. Ada pula bantuan dari Dinas Sosial dan Baznas Kutim yang akan dikirim siang ini,” kata Tajuddin.

Kebutuhan utama para korban kebakaran, menurut Tajuddin adalah bahan pangan dan pakaian. Seperti pakaian seragam sekolah buat anak-anak tingkat SD, SMP dan SMU. Karena sebagian besar warga keluar dari rumah tanpa membawa barang –barang berharga. “Rumah yang terbakar seluruhnya, 40 rumah. Ditambah lima rumah yang terbakar separuh. Jadi ada 300 jiwa yang terikut imbas dari kebakaran tersebut. Tapi mereka yang menjadi korban langsung karena rumahnya ludes terbakar, ada 187 jiwa. Mereka merupakan penduduk dari dua RT, yakni RT 5 dan 6. Di antara para korban juga ada anak sekolah. Kita membutuhkan seragam sekolah sekitar 120 stel. Yaitu, 50 stel untuk pelajar SD, 40 stel untuk SMP dan 30 stel untuk pelajar SMU,” ungkap Tajuddin.

Lanjut, menurutnya ini merupakan kebakaran yang terbesar terjadi di Kutim, dan pihaknya berharap hal yang sama tidak terjadi lagi.

” Ini kebakaran terbesar, semoga tidak akan terjadi lagi, ” harapnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments