Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Rapat Paripurna XIX, Bupati Kutim Sampaikan Tanggapan Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Dalam Dewan

Rapat Paripurna XIX, Bupati Kutim Sampaikan Tanggapan Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Dalam Dewan

(3698 Views) Juli 11, 2017 5:06 pm | Published by | 257 Comments

 

Sangatta – Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur, menyampaikan tanggapannya terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Dalam Dewan Mengenai Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelakasanaan APBD Kabupaten Kutai Timur Tahun Anggaran 2016. Pada Rapat Paripurna XIX, diruang Sidang Utama DPRD Kutim, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Selasa (11/7/17).

Tanggapan tersebut disampaikan langsung Bupati Kutai Timur, Ismunandar dihadapan Wakil Ketua DPRD Yulius Palangiran dan didampingi Encek U.R Firgasi, dan ditanda tangani oleh 26 orang anggota dewan. Turut hadir Wakil Bupati Kasmidi, Sekda Irawansyah, Asisten II Rupiansyah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kutim.

Ismunandar dalam tanggapannya mengatakan bahwa Pemkab Kutim sangat menghargai masukan, kritik dan saran yang disampaikan Fraksi-Fraksi DPRD dalam Sidang Paripurna DPRD XVIII tanggal 10 Juli 2017, dalam acara penyampaian pandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap rancangan Peraturan Daerah tentang pertanggunganjawaban APBD Kabupaten Kutai Timur tahun 2016. Masukan Kritikan dan saran tersebut dinilai positif dan konstruktif, hal tersebut sangat diperlukan dalam rangka membangun sinergitas antara kedua lembaga. Sehingga Visi Misi, dan sasaran pembangunan yang telah disepakati dalam RPJMD tahun 2016-2020 dapat tercapai dengan baik.

Lebih lanjut, Ismu memberikan apresiasi kepada DPRD Kutai Timur yang segera merespon menyampaian Nota Pengantar Rancangan Perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kutai Timur tahun anggaran 2016

Pertama, Tanggapan Pemerintah terhadap pandangan umum Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kutim tahun anggaran 2016 secara umum dapat diterima oleh Fraksi PPP.

Kedua, Tanggapan Pemerintah terhadap pandangan umum Fraksi Partai PDI-P, Pemerinah Kutim telah berupaya menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kutim tahun anggara 2016 sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Rincian realisasi capaian target masing-masing SKPD tercantum dalam Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kutai Timur tahun anggaran tahun 2016, yang telah diserahkan pada saat penyampaian Nota Pengantar Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Kutai Timur tahun anggaran tahun 2016. Pemkab akan berupaya tetap konsisten, fokus dan tuntas  dalam menjalankan kebijakan sesuai dengan Visi dan Misi demi kepentingan masyarakat.

Tiga, Tanggapan Pemkab Kutim terhadap pandangan umum Fraksi Partai Gerindra, Pemkab Kutim telah berupaya keras untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, atas laporan keuangan Pemkab Kutim tahun anggaran 2016, dan terus memperkuat pengawasan internal untuk menghindari terjadinya penyimpangan. Terkait dengan kewajiban Pemerintah terhadap pihak ketiga, secara bertahap Pemkab kutim telah melaksanakan proses pembayaran tersebut, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Keempat, Tanggapan Pemkab Kutim terhadap Pandang Umum Fraksi partai Nasional Kesejahteraan Bangsa, pemkab Kutim menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan terkait dengan penyampaian Nota Pengantar Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kutim tahun anggara 2016 yang telah dilaksanakan tepat waktu. Terkait dengan laporan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim atas keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur tahun anggaran 2016, telah diserahkan oleh BPK RI Perwakilan Kaltim  kepada DPRD Kutim pada tanggal 30 Mei 2017, di kantor BPK RI Perwakilan Kaltim. Dalam Buku Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kutim tahun anggara 2016, Pemkab Kutim telah menyampaikan semua laporan terkait dengan laporan keuangan.

Kelima, Tanggapan Pemkab Kutim terhadap Pandangan Umum Fraksi Partai Nurani Amanat Persatuan, Pemkab Kutim sependapat dengan Fraksi Partai Nurani Amanat Persatuan, bahwa prinsip akuntabilitas publik harus diberlakukan pada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengelola anggran Pemerintah Daerah. Sehingga akuntabilitas kinerja pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah dapat terlaksana dengan baik serta terus berupaya dalam meningkatkan dan memaksimalkan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada di Kabupaten Kutai Timur sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemkab Kutim juga mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Partai Nurani Amanat Persatuan yang telah mengapresiasi Pemkab Kutim dalam pencapaian kembali Opini WTP.

Keenam, Tanggapan Pemkab Kutim terhadap Pandangan Umum Fraksi Partai Golongan Karya, Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih kepada Fraksi Partai Golongan Karya, yang telah memberikan dukungan terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kutim tahun anggara 2016, agar dapat dilakukan pembahasan lebih lanjut sesuai ketentuan perundang-undangan hingga disahkan menjadi Peraturan Daerah. pencapaian kembali Opini WTP diaraih dengan semangat Fokus dan Tuntas serta kerja keras. Prestasi tersebut tidak terlepas dari dukungan semua stakeholder baik Eksekutif, Legeslatif, Yudikatif dan  semua lapisan masyarakat.

Ketujuh, Tanggapan Pemkab Kutim terhadap Pandangan Umum Fraksi Partai Demokrat, Materi laporan keuangan Pemerintah Daerah yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan secara terinci telah kami sajikan dalam buku Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kutim tahun anggara 2016. Pemkab Kutim tmengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Fraksi Partai Demokrat, terkait dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Daerah Kutim. Laporan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provinsi Kaltim atas laporan keuangan Pemkab Kutim tahun anggaran 2016 telah diserahkan kepada DPRD Kutim pada tanggal 30 Mei 2017

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

257 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments