Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Raperda Andon Ditarik, Perlindungan Hak Nelayan dan Ekosistem Laut Kutim Akan Semakin Sulit

Raperda Andon Ditarik, Perlindungan Hak Nelayan dan Ekosistem Laut Kutim Akan Semakin Sulit

(578 Views) Maret 5, 2015 6:12 am | Published by | 5 Comments

Sangatta. Anggota DPRD Kutim Herlang Mapatitti yang juga Ketua Pansus Andon dan Nelayan ini mengaku kecewa dengan penarikan usulan raperda Andon yang dilakukan oleh Pemkab Kutim melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim. Menurutnya, semangat Perda Andon yang bertujuan untuk melindungi hak-hak nelayan Kutim dan juga melindungi ekosisten perairan Kutim, tentunya dengan adanya penarikan raperda ini akan semakin berat.
Diakuinya, penarikan usulan raperda Andon ini karena terbentur dengan Undang-undang 23 Tahun 2014 yang menyebabkan hampir seluruh kewenangan Kabupaten ditarik ke Provinsi. Hal ini menurutnya menjadi semakin tidak efektiv karena pengawasan di level bawah (Kabupaten.red) terkadang tidak maksimal, apalagi jika tanggung jawab dan pengawasan di berikan kepada Provinsi.
Ungkap Herlang, pihaknya bahkan Pemkab Kutim sendir pun kini tidak bisa berbuat banyak. Terlebih secara khirarki, dengan terbitnya Undang-undang yang levelnya lebih tinggi tentunya secara otomatis menggugurkan sebuah Perda. Padahal semua draf dan kajian tentang Andon ini sudah siap dan tinggal dibahas.
Sedangkan nasib Pansus Andon sendiri, ujarnya, tentu akan tetap dipertanggung jawabkan pada Paripurna. Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab atas kepercayaan yang sudah diberikan kepada anggota parlemen.
(voice) (Ibnu Juraid)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

5 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments