Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ratusan Mahasiswa Stiper Jalani KKN

Ratusan Mahasiswa Stiper Jalani KKN

(614 Views) Agustus 5, 2015 12:53 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Kutai Timur (Kutim) kembali memberangkatkan 111 mahasiswanya guna mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Kecamatan Batu Ampar (Batam). Pelepasan ratusan mahasiswa ini dilakukan di Halaman Kantor Bupati Kutim, Senin lalu. Peserta KKN dilepas Staf Ahli Bupati Abdul Muthalib mewakili Bupati. Disaksikan para pejabat lingkup Pemkab dan unsur pimpinan serta dosen pengajar Stiper Kutim.
Saat pelepasan, Abdul Muthalib berpesan agar peserta KKN benar-benar dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat saat berada ditengah-tengah masyarakat. Berikutnya menimba ilmu social kemasyarakatan selama di Batam.
Muthalib meminta, agar mahasiswa menjaga nama baik almamater (Stiper) dan keluarga. Senantiasa menjaga kesehatan dan saling membantu. Baik sesama peserta KKN maupun dengan warga sekitar.
Mahasiswa Stiper akan mengikuti program KKN sejak 3 Agustus hingga bulan depan. Peserta KKN berasal dari Program Studi Agroteknologi, Kehutanan, Ilmu Kelautan, Teknik Pertanian serta Peternakan. Menurut Ketua Stiper Kutim Prof Juraemi didampingi Ketua LPPM Stiper Rosdianto menjelaskan, mahasiswa angkatan ke-12 kali ini melakukan KKN di 6 desa berbeda, di Kecamatan Batam.
Sebelum dilepas dan diberangkatkan, mahasiswa terlebih dahulu mendapat pembekalan santiaji selama 2 hari di Aula Gedung Stiper. Berbagai stiper1pengetahuan teknis selama melaksanakan KKN banyak diberikan kepada mahasiswa. Sebagai modal selama mengabdikan diri di masyarakat.
Selama para mahasiswa ini melaksanakan KKN, diharapkan bisa mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan semasa duduk dibangku perkuliahan. Apa lagi mereka ini berasal para akademisi yang khusus belajar tentang ilmu lapangan (STIPER). Sebagai salah satu perguruan tinggi milik pemerintah, kehadiran para mahasiswa dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal akan sangat diharapkan. Mengingat potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kutim ini cukup besar. Semuanya perlu dikelola oleh tangan-tangan kreatif dan mumpuni.
Ditambahkan olehnya bahwa KKN merupakan salah satu diantara tri darma perguruan tinggi dan pasti akan dilakukan oleh semua mahasiswa. Pembekalan yang diberikan oleh pihaknya diharapkan akan semakin memantapkan wawasan dan keahlian para mahasiswa selama mengabdikan diri dimasyarakat nantinya.
Juraemi menjelaskan, tujuan pembekalan untuk memantapkan para mahasiswa saat melaksanakan KKN. Kami ingin selama mereka mengabdikan diri dimasyarakat, seluruh wawasan dan kemampuan yang mereka miliki dapat digunakan untuk membina masyarakat.
Prof Juraemi menambahkan, selain membimbing dan membina masyarakat. Nantinya para mahasiswa wajib mengembangkan SDM masyarakat dan mengelola SDA yang ada dikawasan tersebut. Karena salah satu tujuan KKN adalah untuk membuat masyarakat semakin mandiri dan kreatif. Menurut Juraemi, keberhasilan sebuah lembaga pendidikan atau dunia akademik yakni ketika mampu melahirkan para mahasiswa yang berkualitas dan bisa bermanfaat banyak bagi masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments