Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Realistis, Kutim Targetkan Swasembada Daging di Tahun 2020

Realistis, Kutim Targetkan Swasembada Daging di Tahun 2020

(524 Views) September 6, 2015 2:17 pm | Published by | No comment

Sangatta. Pemkab Kutai Timur terus berupaya agar terget program swasembada swasembada sapi 2 juta ekor di tahun 2018, yang merupakan program Pemprov Kaltim dapat terealisasi. Namun menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur Syarifuddin Ginting, walaupun tetap berupaya akan tetapi Pemkab Kutim berupaya untuk rasional bahwa Kutai Timur baru bisa mencapai target swasembada daging pada tahun 2020.

Didampingi Kabid Peternakan Diah Ratna Ningrum, dikatakan Kutim sendiri baru memulai program swasembada sapi pada akhir 2014. Dengan jumlah penduduk Kutim 412.698 jiwa serta asumsi peningkatan penduduk 2 hingga 4 persen, konsumsi daging Kutim per tahun sebesar 1,74kg per kapita pertahun atau setara dengan 718.759kg daging sapi pertahun atau setara dengan 5.750 ekor sapi per tahun. Kebutuhan ini diatas konsumsi rata-rata nasional yakni 1,48kg perkapita per tahun.

Lanjutnya, dengan kalkulasi yang ada upaya swasembada sapi Kutim baru dapat terpenuhi pada tahun 2020 dengan populasi sapi 80.766 ekor sapi dengan jumlah kelahiran 12.451 ekor per tahun pada persentase angka kelahiran sapi 18 persen. Namun tentunya angka ini baru dapat ditembus dengan tetap mengupayakan mendatangkan indukan sapi tiap tahunnya melalui APBN dan APBD baik Provinsi maupun Kabupaten. Selain itu, tentunya peran swasta melalui program CSR-nya juga sangat dibutuhkan untuk keberhasilan target ini.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments