Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Retribusi Pasar dan Menara Komunikasi Over Target PAD 2015    

Retribusi Pasar dan Menara Komunikasi Over Target PAD 2015    

(415 Views) Agustus 21, 2015 8:50 am | Published by | No comment

Sangatta. Memasuki semester ke-2  tahun ini, beberapa retribusi daerah sudah melampaui dari target pendapatan yang ditetapkan. Beberapa retribusi daerah yang kini sudah melewati target pendapatan daerah diantaranya retribusi pelayanan pasar dan retribusi pengendalian menara komunikasi.

Menurut Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kutai Timur, Hj Yulianti didampingi Kabid Retribusi dan Pajak Daerah, Musyaffa,   kedua retribusi daerah dari golongan retribusi jasa umum ini mengalami peningkatan yang maksimal. Retribusi pelayanan pasar yang ditargetkan sebesar Rp340 juta kini sudah over target menjadi Rp482 juta atau lebih Rp179 juta. Sementara retribusi pengendalian menara komunikasi, yang ditargetkan Rp800 juta kini sudah melampaui menjadi Rp854 juta atau lebih Rp54 juta.

Dijelaskan Musyaffa, over target ini terjadi karena adanya keseriusan dari masing-masing Dinas yang menjadi penanggung jawab setiap retribusi yang ada. Seperti retribusi pasar yang menjadi tangung jawab UPT Pasar dibawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), serta retribusi menara komunikasi yang berada dibawah pengawasan Dinas Perhubungan, Kominikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kutim. Karena walaupun target telah ditetapkan namun setiap instansi teknis tidak bergerak secara maksimal maka diyakini target tersebut tidak dapat tercapai apalagi terlampaui.

(voice)

Lebih jauh dikatakan, walaupun terjadi over target dari retribusi daerah di beberapa jasa umum, namun ternyata ada pula beberapa item retribusi daerah yang hingga memasuki semester ke-2 tahun ini belum menunjukkan peningkatan pendapatan yang maksimal diantaranya  retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang ditargetkan mencapai Rp2 miliar, namun hingga kini baru sebesar Rp293 juta. Sedangkan retribusi izin gangguan (HO) dari yang ditargetkan sebesar Rp500 juta, hingga kini masih berada diangka Rp338 juta.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments