Menu Click to open Menus
Home » Acara » Ritual Adat, Awali Kegiatan Pelas Tanah IV 2019 Kutai Timur

Ritual Adat, Awali Kegiatan Pelas Tanah IV 2019 Kutai Timur

(283 Views) Oktober 20, 2019 7:56 pm | Published by | No comment

Sangatta – Adat Besar Kutai (ABK) Bersama Masyarakat Kutai Timur kembali menggelar Budaya Pelas Tanah yang telah memasuki pelaksanaan ke empat di tahun 2019. tradisi tersebut diawali dengan ritual tampung tawar dengan  upacara adat berupa doa bersama Selanjutnya, panitia adat melakukan penyembelihan sapi sebagai salah satu komponen ritual adat.

Ditemui RPD Kutim, Ketua Adat Besar Kutai Sayyid Abdal Nanang Al-Hasani menyampaikan bahwa pelas tanah dilakukan guna membersihkan sebuah wilayah dari empat penjuru, yaitu air, tanah, udara dan hati masyarakat dari segala keburukan, ia juga menambahkan bahwa tradisi tersebut juga dilakukan agar wilayah Kabupaten Kutai Timur, terus mendapat kesejahteraan dan kemakmuran dari tuhan yang maha kuasa.

Selanjutnya Kegiatan Pelas Tanah, atau yang juga dikenal Pelas Benua tersebut telah diselenggarakan tim panitia kegiatan di Gedung Adat Besar eks STAI Sangatta, Minggu 20 Oktober, dan dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan lainnya hingga 27 oktober mendatang.

Voice Mike Trigunawati

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments