Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Rp 30 Miliar Melayang Akibat Belum Selesainya Pelabuhan Kenyamukan

Rp 30 Miliar Melayang Akibat Belum Selesainya Pelabuhan Kenyamukan

(400 Views) Januari 21, 2016 9:12 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkaminfo) Kutai Timur, terus berupaya agar pengerjaan pembangunan Pelabuhan Kenyamukan dapat diselesaikan akhir tahun 2016 ini. Mengingat besarnya potensi pemasukan bagi Kutai Timur yang hilang akibat belum selesai dan beroperasinya pelabuhan ini. Demikian diungkapkan Kepala Dishubkominfo Kutai Timur, Johansyah Ibrahim.

Kepada awak media, Johansyah mengatakan bahwa dengan belum terselesaikannya pembangunan pelabuhan kenyamukan tersebut Kutai Timur kehilangan pemasukan asli daerah yang sangat besar, hingga Rp 30 Miliar per tahunnya. Hal ini dikarenakan Kutim tidak bisa menarik retribusi izin tambat kapal-kapal yang selama ini berlabuh dan tambat di pelabuhan khusus milik perusahaan PT. Kaltim Prima Coal (KPC). Dengan belum beroperasinya pelabuhan kenyamukan, otomatis retribusi tambat kapal langsung ditarik oleh syahbandar pusat.

Lanjut Johansyah hingga saat ini penyelesaian pembangunan pelabuhan kenyamukan hanya tinggal 15 persen dengan menyisakan penyelesaian sisi darat pelabuhan seluas 4 hektar yang akan digunakan sebagai pusat perkantoran dan pergudangan pelabuhan kenyamukan. Sementara akses jalur penembus ke pelabuhan akan diselesaikan oleh Dinas PU Kutai Timur yang menyisakan pembagunan akses jalan sepanjang 800 meter.

(Vioce)

Untuk diketahui, Dishubkominfo Kutim sebagai salah satu instansi yang mengelola 6 retribusi daerah, pada tahun 2015 lalu memiliki capaian realisasi sebesar Rp 1,81 Miliar. Angka tersebut diperoleh dari pos retribusi pengujian kendaraan bermotor senilai Rp 727,7 juta, pengendalian menara telekomunikasi sebesar Rp 1,06 miliar, ijin trayek Rp 7,5 juta, pelayanan kepelabuhanan Rp 10,1 juta, tempat khusus parkir Rp 5,1 juta dan terminal Rp 7,2 juta. Sementara untuk tahun 2016 ini, Dishubkominfo Kutim menargetkan pemasukan bagi Kutai Timur sebesar Rp 2 miliar.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments