Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Samakan Persepsi, Polres Kutim dan Kodim 0909/SGT Sosialisasikan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan bagi Seluruh Perusahaan di Kutim

Samakan Persepsi, Polres Kutim dan Kodim 0909/SGT Sosialisasikan Bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan bagi Seluruh Perusahaan di Kutim

(469 Views) Februari 10, 2016 9:22 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Sebagai upaya membangun komitmen dan kesepahaman terhadap upaya mencegah dan menanggulangi kebakaran lahan, Rabu (10/2) pagi, bertempat di aula Pelangi Mapolres Kutai Timur, Kapolres Kutim AKBP Anang Triwidiandoko menggandengan Dandim 0909/SGT, mengajak Pemkab Kutim dan perwakilan seluruh perusahaan yang ada di Kutai Timur untuk duduk bersama, melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana asap dankebakaran lahan dan hutan yang hingga kini masih terjadi di Kutai Timur. Dalam kegiatan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan di Lingkungan Perusahaan di wilayah Kutai Timur ini, dihadiri sebanyak 37 perwakilan perusahaan yang ada di Kutim. Mulai dari perusahaan perkebunan, kehutanan dan pertambangan.

Dalam arahannya, Kapolres Kutai Timur Anang Triwidiandoko, meminta agar semua perusahaan di Kutim mau berkomitmen untuk bersama-sama Pemkab Kutim, Polri dan TNI melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang hingga kini masih terjadi di Kutai Timur. Baik di Kota Sangatta maupun kecamatan yang ada di pedalaman Kutim.

Dikatakan Anang, jika hanya berpangkutangan pada aparat kepolisian dan TNI maka mustahil upaya penangangan bencana kebakaran lahan yang sudah menjadi atensi Presiden RI ini dapat tertangani. Apalagi dengan keterbatasan personil dan peralatan pemadaman api yang seadanya. Belum lagi jika dihadapkan dengan kondisi kebakaran hutan dan lahan yang jauh dari jangkauan anggota. Tentu jika ada campur tangan pihak perusahaan yang berada tidak jauh dari lokasi kebakaran maka bencana kebakaran ini tidak bisa cecara cepat tertangani. Dirinya pun meminta agar pihak perusahaan juga tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar lahan.

(voice Kapolres)

Sementara itu, Dandim 0909/SGT Letkol Infantri Ibnu Hudaya, berharap adanya kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan hanya untuk membuka lahan pertanian. Memang dengan membakar lahan untuk membuka lahan merupakan cara yang murah. Namun akibatnya sangat fatal. Apalagi jika lahan tersebut adalah lahan gambut yang jika terbakar sangat susah dipadamkan. Lanjut Ibnu, bekerjasama dengan Polres Kutim, pihaknya tidak henti-hentinya memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Seandainya masyarakat ingin membuka lahan, bisa meminta bantuan pihak perusahaan agar lahannya bisa dibuka tanpa dibakar. Namun jika sudah ada himbauan ini tetap didapati adanya masyarakat atau perusahaan yang melakukan pembukaan lahan dengan cara sengaja dibakar, maka aparat penegak hukum yakni Polres Kutim tidak segan-segan untuk mengambil tindakan tegas yakni melakukan penangkapan.

(voice Dandim)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments