Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Satu Tanah Air Tanah Air, Tanah Air Indonesia merupakan Poin Paling Penting Bagi Pemuda

Satu Tanah Air Tanah Air, Tanah Air Indonesia merupakan Poin Paling Penting Bagi Pemuda

(488 Views) Oktober 28, 2015 7:55 am | Published by | No comment

Sangatta – Untuk memperingati hari sumpah pemuda yang ke 87 tahun, Kabapuaten Kutai Timur melaksanakan Apel Gabungangan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, pagi tadi dilapangan Kantor Bupati Kutai Timur Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi . Upacara tersebut diikuti Bupati Kutai Timur, selaku Inspektur Upacara, Plt Sekretaris Daerah Yulianti, Anggota DPRD, Kapolres AKBP Anang Triwidiandoko, Kodim 0909/sgt letkol Infantri Ibnu Hudaya, Komandan Lanal letkol laut pelaut Donny Suharto, para Asisten, Pejabat struktural, para Kepala SKPD, Camat, DPD KNPI Kutai Timur serta peserta apel yang terdiri dari TNI Angkata darat, TNI Angkatan Laut, Polres, PGRI, Satpol PP, Dishubkomifo, Korpri, TK2D, Pemuda Pancasila dan Tagana. Menjadi komandan dalam peringatan sumpah pemuda kali ini adalah Bagus Wahyu Purwanto dari Satuan Pelajar Pemuda Pancasila.

Peringatan sumpah pemuda hari ke 87 tahun kali ini mengambil tema “Revolusi Mental Untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu Bumi”. Dalam amanat Mentri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan Inspektur Upacara Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman mengatakan latar belakang tema dari sumpah pemuda kali ini yakni ada dua keprihatinan. Yang pertama hari ini kita disuguhi dengan fenomena baru tentang perubahan polarisasi kemasyarakatan kita, akibat arus moderenisasi dan kemajuan teknologi informasi, pesat perkembangan teknologi informasi ibarat pisau bermata dua, satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan pemuda kita untuk meningkat kapasitas pengatahuan dan skill, namun pada sisi lain membawa dampak negatif informasi-infomasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan muda tanda bisa dibendung dengan baik. Lahir generasi baru yang mempunyai pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas cendrung individualistik dan framatik.

Betapa sering akhir-akhir ini kita disuguhi kasus-kasus kekarasan dan pembunuhan yang melibatkan anak muda, setelah ditelurusi kasus-kasus tersebut bermula dari interaksi dimedia sosial. Sosial media sudah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, interaksi mereka disosial media berjalan riltime 24 jam, tidak muda untuk orang tua, guru lembaga pendidikan termasuk negara untu mengontrolnya. Disinilah gerakan revolusi mental yang digagas oleh Presiden RI Joko Widodo menemukan relevansinya hanya dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi.

Melalui gerakan revolusi mental kita berharap para pemuda Indonesia memiliki kemandirian mengambil keputusan-keputusan terbaik secara jernih, sesuai dengan akal sehat mereka tanpa harus tergantung dari kehadiran orang tua maupun Negara disampingnya. Sudah bukan eranya lagi pemuda diawasi, dikekang, apalagi diintimidasi, saatnya kita memberikan pendampingan, fasilitasi dan motifasi kepada mereka untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

Keperihatinan yang kedua adalah terkait dengan fenomena pengeleloaan sumber daya alam kita yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan, sebagai negara tropis Indonsia menjadi tumpuan dunia untuk menjaga keseimbangan iklim melalui pasokan oksigennya namun hari ini kita justru menjadi negara penyumbang polusi teresar di kawasan Asia Tenggara melalui kabut asap kita sendiri suda merasakan dampaknya cukup lama dampak kesehatan adalah yang paling nyata. Selanjutnya damak perekonomian akibat sistem transportasi yang tidak dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut mentri pemuda dan olahraga RI menagjak pemuda untuk menggugah semangat kepemudaan untuk mengambil bagian dalam penanggulangan musibah kabut asap pada kusus dan gerakan menjaga keseimbangan itu melalui pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab yang berkelanjutan.

Voice

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments