Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Sekda Irawansyah, Berharap Tahun 2021 Semua Warga Kutim Tercover JKN-KIS, Utamanya Kepala Desa dan Perangkatnya

Sekda Irawansyah, Berharap Tahun 2021 Semua Warga Kutim Tercover JKN-KIS, Utamanya Kepala Desa dan Perangkatnya

(57 Views) Juli 29, 2020 12:55 am | Published by | No comment

SANGATTA –  Diterbitkannya Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dan Peraturan Dalam Negeri Nomor 119 Tahun 2019 tentang Pemotongan, Penyetoran, dan Pembayaran Iuran Jaminan Kesehatan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa. Menjadi landasan bagi pemerintah dalam memberikan pembiayaan terkait status kepesertaan JKN-KIS, khususnya bagi aparat desa.

Untuk itu,  Kemendagri berharap melalui sosialisasi ini, baik Pemprov, Pemkot, dan BPJS Kesehatan dapat membentuk kerjasama yang cepat guna terealisasinya perlindungan JKN bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa sesuai dengan payung hukum.

Menanggapi hal tersebut, Seskab Irawansyah saat mengikuti sosialisasi yang digelar melalui Video Conference di Ruang Rapat Diskominfo, Selasa, (28/7/20) mengatakan, sesuai dengan Perpres Nomor 64 Tahun 2020 yang merupakan perubahan Perpres terdahulu yang berkaitan dengan BPJS Kesehatan, maka Pemerintah Daerah harus memastikan seluruh warganya yang belum  tercover dalam BPJS, baik yang dibiayai oleh pemerintah pusat, provinsi maupun daerah.  Solusinya dengan melakukan pendataan ulang sehingga terekap warga yang belum tercakup. Utamanya BPJS bagi kepala desa besera perangkat desa itu sendiri.

Untuk lanjut Irawansyah, mulai tahun ini melalui APBD- P pemerintah mulai menyusun pembiayaan yang berkaitan dengan dana JKN tersebut. Harapannya, pada tahun 2021 mendatang semua warga Kutim sudah tercover dalam JKN tersebut.

Ia pun mengimbau bagi masyarakat yang belum masuk BPJS, khususnya yang belum terdaftar sama sekali, agar dapat mendaftarkan diri di BPJS Kesehatan. Khususnya masyarakat bukan penerima upah, baik UMKM maupun karyawan perusahaan.

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of