Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Serahkan Bantuan Alsintan, Bupati Minta Dirawat

Serahkan Bantuan Alsintan, Bupati Minta Dirawat

(653 Views) Agustus 16, 2018 2:59 pm | Published by | No comment

 

Sangatta – Menyerahkan alat dan mesin pertanian (Alsintan), Bupati Kutai Timur, Ismunandar meminta kepada para penerima manfaat untuk merawat alat tersebut bersama.

Ismu mengatakan, banyak bantuan langsung yang diberikan, namun begitu ada kerusakan sedikit saja, sudah langsung diparkir di rumah petani, dan hanya menjadi besi tua. Jadi harus ada pengelolanya, karena bagaimanapun perlu pemeliharaan. Untuk bbm harus disisihkan dari keuntungan petani, jadi alat dapat terpelihara usianya.

Penyerahan alat pertanian tersebut berlangsung di Kecamatan Bengalon, Rabu, 15 Agustus.
Untuk Penyerahan bantuan, Dinas Pertanian (Distan) Kutai Timur menyerahkan satu unit tractor roda empat dan dua unit hand tractor, kepada Usaha Pelayanan Jasa Alsin (Upja) dan Kelompok Tani Maju Bersama.

Tidak hanya dari Pemerintah, petani juga menerima bantuan alsintan dari PT. KPC dan PT. PIK. Bantuan yang diberikan PT. KPC berupa dua unit hand tractor, 3 unit power therset, satu unit cultivator, dan satu unit pengering jagung.

Sementara bantuan dari PT. PIK berupa, dua unit hand tractor, seratus karung pupuk dan enam ratus bungkus bibit padi gunung. Bantuan kedua perusahaan tersebut diterima enam kelompok tani di Kecamatan Bengalon.

Sementara Menurut Kepala Distan, Sugiono yang mendampingi Bupati pada saat penyerahaan mengatakan, penyerahan alsintan diberikan kepada Upja untuk mengelola peralatan tersebut, nantinya kelompok tani tinggal melapor ke Upja jika akan menggarap lahan. Selanjutnya, Upja yang menggerakkan operatornya serta melakukan perawatan terhadap alat tersebut.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments