Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Setiap Warga Desa Punya Hak Calonkan Diri Jadi Kades, Asalkan Penuhi Persyaratan

Setiap Warga Desa Punya Hak Calonkan Diri Jadi Kades, Asalkan Penuhi Persyaratan

(841 Views) Oktober 27, 2016 9:05 pm | Published by | 3 Comments

Sangatta. Sebagaimana negara Indonesia telah mengatur hak dan kewajiban setiap warga negara untuk turut serta dalam proses penyelenggaraan negara terutama hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam pelaksanaan Pemilihan Umum , untuk itu Bupati Kutai Timur, Ismunandar juga membuka peluang seluas-luasnya kepada setiap masyarakat untuk ikut serta meramaikan proses pemilihan kepala desa  serentak di Kutai Timur.

Dalam sosialisasi peraturan daerah dan Peraturan Bupati Kutai Timur tentang pelaksanaan Pilkades, Bupati Ismunandar mempersilahkan kepada seluruh masyarakat untuk ambil peran mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak di Kutim yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang. Namun tentu bagi masyarakat yang ingin mencalonkan sebagai Kepala Desa, ada persyaratan dan kriteria yang wajib dipenuhi setiap warga untuk bisa lolos dalam pencalonan.

Dikatakan, selain persyaratan administrasi dan tingkatan pendidikan, setiap warga wajib memenuhi persyaratan lainnya yang dianggap sangat penting. Di antaranya, keterangan bebas narkoba, berkelakuan baik sesuai Surat Keterangan Catatan Kepolisian, keterangan tidak pernah bermasalah hukum dari pihak Kejaksaan Negeri Sangatta dan Pengadilan Negeri Sangatta.

Selain itu, agar tidak terjadinya politik uang dalam pelaksanaan Pilkades, bakal calon Kades haruslah benar-benar tokoh masyarakat yang memang mengenal dan menguasai seluk beluk desa setempat. Dengan demikian, Pilkades Kutim nantinya benar-benar bisa berjalan aman dan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan, serta mengusung semangat LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia) dan JURDIL (Jujur dan Adil).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

3 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments