Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SINERGIKAN PROGRAM DESA MEMBANGUN MANDIRI DENGAN PROGRAM DESA TANGGUH BENCANA BPBD KUTIM GELAR LOKAKARYA

SINERGIKAN PROGRAM DESA MEMBANGUN MANDIRI DENGAN PROGRAM DESA TANGGUH BENCANA BPBD KUTIM GELAR LOKAKARYA

(3610 Views) September 20, 2016 2:33 pm | Published by | 215 Comments

Sangatta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Timur menggelar lokakarya dan dialog langsung dengan Bupati Kutai Timur untuk mengsingkronisasikan program desa membangun dengan program desa tangguh bencana di Balai Pertemuan Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan pagi tadi (20/9). Lokakarya tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman terhadap bencana baik cara-cara mengantisipasi maupun cara mengatasi bencana serta pemulihan dari dampak-dampak yang terjadi pasca bencana.

Kedua program tersebut memiliki keterkaitan, dengan program desa membangun maka segala pembangunan akan dimulai dari desa sedangkan dengan desa tangguh bencana maka akan menjadikan desa tersebut menjadi desa membangun yang tangguh akan keadaan-keadaan bencana, demikian yang disampaikan Bupati Kutai Timur Ismunandar dalam sambutannya saat membuka Lokakarya tersebut.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur, Zainuddin Aspar mengatakan, luas wilayah Kutai Timur 17 persen luas Kalimantan Timur dan sama dengan luas pulau jawa, dengan luas tersebut memiliki tantangan yang cukup berat jika terjadi bencana baik bancana metrologi atau antropologi maupun bencana karena ulah manusia yang menjadi ancaman bencana, dengan kondisi tersebut pemerintah memiliki tanggung jawab untuk melindungi warga negara. Untuk itu sangat penting membangun kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana sehingga dapat mengatasi dampak yang ditimbulkan bencana tersebut. Upaya pencegahan menjadi sangat penting bagi setiap daerah.

Dasar pelaksanaan kegiatan lokakarya tersebut perjanjian kerjasama antara Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Timur tentang Kegiatan Fasilitasi Pemberdayaan Dan Pengembangan Ketangguhan Masyarakat Tahun Anggaran Tahun 2016.

Hadir dalam lokakarya tersebut, Kepala BPBD Kutai Timur, Kepala BPBD Kota Bontang, para Camat, Perwakilan Perusahaan dan Organisasi Masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

215 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments