Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Sistem Zonasi Hapus Diskriminasi Sekolah Favorit – non Favorit Di Kutai Timur

Sistem Zonasi Hapus Diskriminasi Sekolah Favorit – non Favorit Di Kutai Timur

(241 Views) Mei 28, 2019 1:51 pm | Published by | No comment

Sangatta – Melalui anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terhadap sistem zonasi pada skema Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur menghimbau masyarakat bahwa tidak ada lagi terminologi ‘sekolah favorit’ yang selama ini beredar di masyarakat.
Hal tersebut, diakui Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kutim, Roma Malau saat ditemui usai rapat koordinasi, Senin (27/5/2019).

selanjutnya Roma menyampaikan bahwa tujuan dari sistem zonasi tersebut adalah pemerataan pendidikan,  dengan diberlakukannya sistem zonasi tersebut, maka infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM) pada sekolah akan terpenuhi secara merata. selanjutnya Roma menegaskan bahwa sistem zonasi akan memudahkan seluruh anak agar dapat bersekolah, ia juga menjelaskan dengan sistem zonasi tersebut maka tidak akan ada lagi sekolah favorit, semua siswa akan bersekolah di sekolah sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya.

Sistem zonasi sendiri  sudah ditentukan pada masing-masing sekolah berdasarkan pendaftaran online, di mana untuk SD dan SMP menggunakan zonasi berdasarkan wilayah terdekat dari tempat tinggal siswa, ia juga menambahkan ada beberapa kreteria yang diperbolehkan untuk berada diluar zonasi, yaitu jalur prestasi, siswa pindahan dan masyarakat miskin, berdasarkan undang-undang yang berlaku Roma menegaskan bahwa seluruh masyarakat miskin wajib bersekolah, di zonasi mana pun dia berada.

Voice Erwin F Syuhada

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Tags:
Categorised in: ,
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments