Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SKPD Diminta Inspeksi Instalasi Listrik Kantor

SKPD Diminta Inspeksi Instalasi Listrik Kantor

(475 Views) Juni 1, 2015 8:26 am | Published by | No comment

 SANGATTA – Agar musibah kebakaran yang terjadi dibeberapa wilayah di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tidak terjadi lagi, Pemkab Kutim melakukan upaya-upaya pencegahan, salah satunya yakni sosialisi pencegahan bahaya kebakaran. Sosialisasi ini sudah dilakukan dibeberapa tempat berbeda. Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ardiansyah Sulaiman saat membuka sosialisasi ini, di Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara menginstruksikan agar seluruh bangunan kantor dan instansi Pemkab Kutim melakukan inspeksi terhadap instalasi listrik secara berkala.

“Kalau perlu melakukan peremajaan secara menyeluruh, terutama bangunan yang telah berumur sepuluh tahun keatas,” pinta Ardiansyah Sulaiman di Kantor Kelurahan Teluk Lingga waktu itu. Dia mengakui biaya peremajaan instalasi listrik tidak kecil, tetapi jika dibandingkan dengan kerugian yang diakibatkan kebakaran tentunya menjadi relatif kecil. Karena apabila kantor yang terbakar, bukan hanya kerugian fisik yang didapat tapi juga hilangnya dokumen-dokumen penting. Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati harus menjadi dasar filosofi dalam kehidupanm termasuk upaya pencegahan kekabaran.

kebakaran4Ardiansyah menyebut, maraknya kebakaran yang terjadi di Kota Sangatta baru-baru ini, sesuai temuan di lokasi kebakaran karena masih banyaknya instalasi yang belum memenuhi standar nasional Indonesia. Misalnya kualitas dan jenis kabel serta sistem penyambungan yang dibawah standar. dikatakan, untuk mengantisipasi itu semua, setiap rumah tangga juga harus memiliki nomor-nomor darurat, seperti nomor pemadam kebakaran, PLN, Polisi dan Rumah Sakit (ambulans).

Jadi jika terjadi masalah bisa diantisipasi sejak awal. Kepala UPT Pencegahan Penanggulangan Kebakaran, Pailu, berharap sosialisasi kali ini bisa bermanfaat untuk mengantisipasi bahaya kebakaran. Seandainya terjadi kebakaran, dia meminta agar warga memastikan standar prosedur dilaksakan. Mengutamakan keselamatan jiwa terlebih dahulu, baru kemudian yang lain.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments