Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SKTM diganti KIS, Warga Miskin Yang Belum Terima KIS, di Alihkan Ke BPJS Mandiri

SKTM diganti KIS, Warga Miskin Yang Belum Terima KIS, di Alihkan Ke BPJS Mandiri

(4098 Views) Februari 1, 2017 3:45 pm | Published by | No comment

foto jami

Sangatta – Terhitung tanggal 31 Januari 2017, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Jamkesmas, Jamkesda dan Jamkesprov sudah tidak berlaku, namun diganti dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS), khusus bagi masyarakat yang tidak mampu.

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Kutai Timur, Jamiatulkhair Daik, menjelaskan pada Tahun 2015 Kutim mendapat jatah 66.517 KIS. Selanjutnya tahun 2016 peserta KIS bertambah menjadi 70.325. Data tersebut sesuai data kemiskinan dari Kementrian Sosial, yang sama dengan data Dinsos Kutim.

Dia mengatakan, untuk pendistribusian KIS dilakukan secara bertahap, kartu KIS yang sudah lounching di Kutim berjumlah 40.713, yakni lebih dari 50 persen, untuk pendistribusiannya langsung melalui Kantor Pos, dengan tenaga kerja sukarelawan (TKS) yang ada di setiap kecamatan. Dari informasi yang dihimpun Dinsos Kutim, ternyata ada kartu KIS yang belum digunakan berjumlah 29.612.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bupati Kutim mengambil kebijakan, bagi masyarakat miskin yang belum mendapatkan KIS, dialihkan ke BPJS Mandiri bukan lagi SKTM. Dengan memiliki BPJS Mandiri, masyarakat tetap membayar Rp.25.500 per jiwa/bulan. Jami menjelaskan, pembuatan BPJS Mandiri, yang biasanya 14 hari baru bisa terbit, namun ketika ada rekomendasi dari Dinas Sosial, saat itu juga Kartu BPJS bisa langsung keluar.

Insert : Sekretaris Dinas Sosial

Perlu diketahui, pada tahun 2017 ini, ada 4 ribu Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) Kutim, juga diikutkan menjadi peserta BPJS Mandiri oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Voice Reporter /RPD Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments