Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PEMERINTAH ALOKASIKAN DANA RP. 3M UNTUK ASURANSI KESEHATAN

PEMERINTAH ALOKASIKAN DANA RP. 3M UNTUK ASURANSI KESEHATAN

(526 Views) April 28, 2015 9:27 am | Published by | No comment

SANGATTA- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melakukan kegiatan Sosialiasi Peraturan Daerah kepada masyarakat di 2 (desa) yaitu desa Sangatta Utara dan Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Balai Pertemuan Umum Kecamatan Sangatta Utara. Pada acara ini hadir Ketua DPRD Kutim Mahyunadi beserta anggota, Camat Sangatta Utara Rudi Herdiansyah dan Camat Sangatta Selatan Isnaini Trikotawati, Kepala Desa, Kepala Dusun dan para Ketua RT dari 2 (Dua) desa.
Sosialisasi ini membahas dua (2) perda yaitu, Perda Nomor. 2 Tahun 2014 tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dan Perda Nomor. 5 Tahun 2014 Tentang Penanaman Modal Pemerintah di Kabupaten Kutai Timur pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) .
Menurut Ketua DPRD Mahyunadi, guna mendukung pelaksanaan Perda Nomor 2 Tahun 2014, Rencana Anggaran yang akan dikucurkan untuk anggaran kesehatan pada 2015 ini sekitar Rp. 3 Milyar. Namun dengan munculnya BPJS, secara otomatis metode pelayanannya harus menyesuaikan dengan mengikuti peraturan perundang-undang yang berlaku tersebut.
Pada kesempatan itu Mahyunadi menambahkan, unsur penting dari Perda Nomor. 2 Tahun 2014 ini yaitu Pemberlakuan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Badan Langsung Urusan Daerah (BLUD). Fungsinya agar RSUD tidak lagi bergantung pada anggaran pemerintah untuk pelayanan dan pembelian alokasi dana obat, tetapi dapat langsung menggunakan penghasilan dari pemasukkan yang ada, terkecuali untuk biaya yang bersifat pembiyaan kantor. Dengan ini diharapkan pelayanan RSUD dapat meningkat, setelah diberlakukan menjadi BLUD.
Sedangkan Perda Nomor. 5 tahun 2014, Penanaman Modal Pemerintah Kabupaten Kutai Timur pada Bank Perkreditan Rakyat, bahwa pemerintah daerah telah menyertakan modal ke bank BPR selama 3 tahun dengan total modal Rp. 9 Milyar. Dengan kucuran tambahan modal tersebut bank dapat mempermudah pelaku usaha kecil dalam mendapatkan pinjaman modal kepada mereka.

voice

Tujuan dari sosialisasi Perda ini, agar masyarakat dapat mengerti dan mematuhi Peraturan Daerah, yang meliputi kontribusi ataupun sanksi dari peraturan itu sendiri dan untuk menghindari kesalahan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah.(KHS)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments