Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Stepdis, Produk Petani Asli Kutim

Stepdis, Produk Petani Asli Kutim

(2362 Views) April 27, 2017 5:17 pm | Published by | No comment

Sangatta – Memanfaatkan hasil limbah, Muhammad Cholis, petani dari Kecamatan Sangatta Selatan, berhasil menemukan dan memproduksi pupuk dan pestisida alami. Pupuk dan pestisida buatannya tersebut menggunakan bahan-bahan hasil limbah pasar, limbah perikanan dan limbah peternakan.

Cholis yang ditemui dalam kegiatan Pasar Tani mengatakan, sejak bertani di Sangatta, dirinya sering menemukan masalah pada tanah. Menurutnya pada penanam pertama dan kedua selalu berhasil namun pada penanaman ketiga kalinya selalu gagal. Hal tersebut dikarenakan unsur hara pada tanah yang terganggu karena pemakaian produk kimia. Karena permasalahan tersebut dirinya memulai untuk menemukan produk pertanian yang tidak mengandung bahan-bahan kimia.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, pengembangan produk buatannya sekitar tiga tahun lalu, awalnya selalu gagal dalam percobaan, namun akhirnya berhasil membuat alat untuk memproduksi sehingga kedua produk tersebut dapat diproduksi. Pada tahun kedua, Universitas Stiper Kutai Timur melakukan pendampingan terhadap produk buatannya. Pendampingan tersebut diantanya dengan mendampingi melakukan penelitian dan uji lab. Sedangkan untuk produksi, dirinya masih dilakukannya sendiri.

Produk yang diberinama Stepdis, sesuai dengan nama anak Cholis tersebut saat ini sudah mulai di pasarkan di wilayah sangatta dan sudah mulai merambah di perkebunan sawit serta perkebunan karet. Sedangkan untuk produksi, sampai saat ini Cholis hanya dapat memproduksi dua ratus botol setiap bulannya. Sedangkan untuk harga terhitung sangat terjangkau, dalam satu botol pupuk dengan harga Tujuh puluh ribu Rupiah dapat di gunakan pada luasan seperempat hektar lahan pertanian.

Ditemui pada kegiatan yang sama Kepala Badan Ketahanan Pangan Kutai Timur, Hormansyah mengatakan, Pemerintah akan memberikan dukungan terhadap masyarakat yang menciptakan produk-produk asli Kutai TImur, seperti produk Stepdis yang baru-baru ini di kenal di Kutai Timur. Dirinya mengatakan, pihaknya akan membantu pengembangan produk tersebut salah satunya dalam bentuk promosi.

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments