Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Sungai Sangatta Meluap Sejumlah Wilayah Tergenang Banjir, Warga Dihimbau Waspada

Sungai Sangatta Meluap Sejumlah Wilayah Tergenang Banjir, Warga Dihimbau Waspada

(336 Views) April 4, 2019 10:20 am | Published by | No comment

Sangatta – Hujan deras yang mengguyur kota Sangatta hingga pagi tadi membuat sejumlah wilayah tergenang air. mulai dari 30 cm atau selutut orang dewasa. Genangan air yang tinggi ini cukup mengaggu sejumlah aktifitas warga di beberapa wilayah, seperti di Jalan Pinang Dalam Gang Borneo Etam Sangatta Utara. Adapun di Sangatta Selatan juga tergenang  di Desa Singa Geweh kampung Kajang dan Desa Sangatta Selatan di Marga Rukun dan Masabang. wilayah ini dikatakan memang sudah menjadi langganan banjir.

Adapun penyebab banjir tersebut dikatakan Sekretaris Desa Sangatta Utara Durahman, merupakan sudah hal biasa terjadi saat hujan air di hulu sungai akan turun sehingga debit air di sungai- sungai lainnya akan naik. Dampak lainnya dikatakan Durahman adalah dampak lingkungan yang juga sudah biasa terjadi satu atau dua tahun sekali. Dikonfirmasi terkait kenyamanan aktivitas warga terkait banjir tersebut, dirinya mengatakan masih bisa diatasi, dampaknya belum seperti tahun lalu. Namun yang mengkwatirkan apabila malam ini masih deras, harus lebih waspada karena debit air otomatis akan semakin tinggi. Intensitas hujan di Kutai Timur (Kutim) sudah terjadi sejak akhir Maret hingga awal April. Sejumlah sungai meluap hingga keruas jalan dan halaman rumah warga. Sekretaris Desa Sangatta Utara Durahman menjelaskan kepada RPD Kutim

Sementara itu, warga Pinang Dalam, Sadriansyah (35) mengakui, daerah bantaran sungai sudah menjadi langganan banjir tiap tahunnya. Tak sedikit rumah warga yang rumahnya tergenang air.

Terpisah, Ketua Markas PMI Kutim, Wihelmus (Ewil), menyatakan, dirinya sudah mendapatkan laporan bahwa ada beberapa titik di Sangatta sudah tergenang banjir, seperti Gang Mawar, Gang Borneo Etam, Masabang dan lainnya yang khususnya yang berada dibantaran sungai. Atas informasi tersebut, mereka segera meninjau lokasi dan menghimbau agar warga tetap waspada karena Sangatta terkenal dengan buaya.

Warga pun meminta kepada Basarnas, BNPB, PMI dan Dinas Sosial untuk meninjau titik rawan banjir, agar tidak lagi terjadi kejadian seperti tahun lalu.

Voice : Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments