Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Surat Rekomendasi Dikirim ke Gubernur dan Mendagri Setelah DPRD Plenokan Pengusulan Definitif Bupati Kutim

Surat Rekomendasi Dikirim ke Gubernur dan Mendagri Setelah DPRD Plenokan Pengusulan Definitif Bupati Kutim

(848 Views) Mei 20, 2015 9:08 am | Published by | 1 Comment

SANGATTA – Akhirnya usulan penetapan pengangkatan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman sebagai Bupati Kutim sisa masa jabatan 2011-2016 diumumkan oleh Ketua DPRD Kutim Mahyunadi. Usulan pengangkatan Bupati disampaikan melalui sidang paripurna DPRD Kutim yang diselenggarakan, Senin lalu.

Sidang tersebut dilaksanakan untuk menindak lanjuti surat Plt Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Nomor 131/267/Otda/IV/2015, perihal penetapan calon Bupati Kutim, mengenai pengusulan pengangkatan “Plt Bupati Kutim menjadi Bupati tertanggal 17 April 2015”. Surat dimaksud, juga sebagai tindak lanjut atas lampiran Surat Keputusan (SK) Kementrian Dalam Negeri (Kemendangri) Nomor 131/.64/746 tahun 2015 tentang pemberhentian Bupati Kutim atas nama Isran Noor.

“Sidang paripurna hari ini, yakni pengumuman penetapan pengusulan pengangkatan ?Plt Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menjadi Bupati Kutim untuk sisa masa jabatan 2011-2016”, kata Ketua DPRD Kutim Mahyunadi usai memimpin jalannya sidang paripurna waktu itu.

Mahyunadi menjelaskan sidang paripurna tersebut juga mencermati undang-undang (UU) nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan atas UU nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Penganti UU nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Selanjutnya persetujuan pengusulan pengangkatan itu, telah melalui rapat pimpinan dewan, pimpinan, komisi, dan fraksi. Penetapan tersebut, juga telah dijadwal untuk pembahasannya di bulan Mei ini melalui rapat Badan Musyawarah (Banmus). Selain itu, putusan juga berdasarkan lembaran Negara nomor 57 tahun 2015 dan nomor 5678 pasal 173 ayat (1) dan ayat (3), yang berbunyi DPRD Kabupaten dan Kota menyampaikan penetapan kepada Kemendagri perihal calon Bupati atau wali Kota diangkat sebagaimana Bupati atau Wali Kota melalui Gubernur.

“Keputusan yang diambil ini, dikarenakan keputusan yang bersifat politik. Tentunya harus benar-benar dikaji secara terperinci. Acuan-acuan hukumnya juga harus jelas. Pemeratan aturan itu sudah kita sampaikan dan menjadi rujukan pengusulan ke Gubernur nantinya”, tuturnya.

Dia menambahkan, pengusualan pengangkatan Bupati Kutim tersebut telah dituangkan dalam surat keputusan, nomor 170/055/490/Dwn/V/2015, sebagai tindak lanjut SK tanggal 17 April 2015 nomor 131/265/Otda/IV/2015 perihal penetapan calon Bupati Kutim. Mahyunadi berharap semua proses ini dapat segera dilaksanakan. Agar pelantikan Bupati dapat segera dijadwalkan sehingga roda pemerintah bisa berjalan sepenuhnya. Acara yang bertempat diruang sidang utama DPRD Kutim ini, dihadiri oleh sebanyak 35 anggota DPRD Kutim yang terdiri dari Ketua Komisi, Ketua Fraksi, dan anggota. Juga hadir Plt Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan segenap jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup kerja Pemkab Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments