Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun Depan, 50 Persen Desa di Kutim Ditargetkan Teraliri Listrik, Dua Desa di Kecamatan Kaubun Nikmati Layanan Listrik

Tahun Depan, 50 Persen Desa di Kutim Ditargetkan Teraliri Listrik, Dua Desa di Kecamatan Kaubun Nikmati Layanan Listrik

(681 Views) November 1, 2016 4:57 pm | Published by | 3 Comments

images

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur sangat serius mengupayakan agar seluruh desa yang ada di wilayah Kutim terlayani fasilitas listrik. Komitmen dan keseriusan tersebut tidak hanya ditunjukkan dengan membuka peluang seluas-luasnya bagi investor tenaga listrik yang berminat membangun fasilitas listrik di Kutim, akan tetapi juga termasuk mencari peluang-peluang listrik alternatif untuk bisa dikembangkan di Kutai Timur.

Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengatakan bahwa dari 133 desa yang ada di Kutai Timur, lebih dari separuhnya dipastikan belum terlayani fasilitas listrik. Untuk itu, dirinya sudah meminta kepada seluruh camat untuk berkoordinasi dengan bagian sumber daya alam (SDA) dalam menginventarisir desa-desa di Kutim yang belum terlayani fasilitas listrik. Karena kondisi desa di Kutim sebagian ada yang berjauhan bahkan terpisahkan oleh laut maka sangat tidak mungkin untuk berharap besar pada jaringan listrik yang dibangun oleh PLN. Sehingga alternatif fasilitas listrik yang ditawarkan oleh Pemerintah, apakah menggunakan listrik solar cell komunal ataukah menggunakan listrik biomassa. Hal ini nantinya tergantung hasil kajian dari bagian SDA Setkab Kutim. Paling tidak, pada tahun 2017 mendatang separuh dari desa-desa di Kutim yang belum teraliri listrik tersebut sudah bisa menikmati fasilitas listrik.

(Voice : Bupati – Perjuangkan Listrik Desa)

Sementara itu Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setkab Kutim, Pranowo mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan pendataan dan mengkaji listrik alternatif bagi desa-desa di Kutim yang belum terlayani fasilitas listrik. Terlebih bagi desa-desa yang memiliki pabrik pengolahan sawit, kemungkinan akan memanfaatkan akses power kelebihan daya di pabrik tersebut untuk dibagikan kepada masyarakat yang ada di desa setempat.

Seperti dua desa di Kecamatan Kaubun, yakni Desa Mata Air dan Desa Bukit Permata. Mulai awal tahun 2017 mendatang masyarakat di kedua desa ini akan menikmati fasilitas listrik dari kelebihan daya salah satu perusahaan pengolahan sawit PT. Telen Grup yang membagikan kelebihan akses power mereka sebesar 300 kilo volt (kv) kepada masyarakat di dua desa tersebut.

Dirinya berharap tidak hanya dua desa di Kecamatan Kaubun ini saja yang menikmati layanan fasilitas listrik, namun ke depannya seluruh desa di Kutim bisa terlayani fasilitas listrik 24 jam.

(Voice : SDA Pranowo – Listrik Desa Kaubun)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

3 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments