Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun Depan, Disdukcapil Kutim Mulai Terapkan One Day’s Service

Tahun Depan, Disdukcapil Kutim Mulai Terapkan One Day’s Service

(606 Views) Desember 27, 2015 2:53 pm | Published by | No comment

Sangatta. Sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Timur akan mulai menerapkan sistem pelayanan selesai dalam sehari  atau yang lebih dikenal dengan sebutan “One Days Service”, mulai awal tahun depan.

Kepala Disdukcapil Kutim Januar Harlian PLA, mengatakan selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, penerapan layanan selesai dalam sehari ini juga sebagai komitmen untuk memberikan rasa kepuasan kepada masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Disdukcapil Kutim.

Disebutkan, saat ini proses pelayanan yang biasanya dilakukan selama tujuh hari sudah dipangkas menjadi tiga hari selesai. Namun kedepan, sesuai komitmen yang ada semua pelayanan mulai dari pencatatan akta pernikahan, akta kelahiran, akta kematian, perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), akan diselesaikan dalam sehari. Tetapi tentunya, masyarakat yang melakukan pengurusan harus lengkap berkas administrasi dan tidak ada gangguan jaringan internet online. Sistem pelayanan one days service ini juga akan bertahap diberlakukan di semua kecamatan di Kutim.

Lanjut Januar, selain menerapkan one days service, Disdukcapil Kutim juga berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Diantaranya bagi masyarakat yang menyandang cacat atau disabilitas, saat ini Disdukcapil Kutim sudah menyiapkan landasan untuk masyarakat pengguna kursi roda agar memudahkan masuk ke ruang pelayan. Disdukcapil Kutim juga sedang menyiapkan ruang khusus bagi ibu dan anak. Ruangan yang bisa digunakan untuk ibu yang sedang menyusui ini juga bisa digunakan untuk ruang bermain anak.

Selain itu, saat ini Disdukcapil Kutim juga sedang mengupayakan sistem penerbitan akta kelahiran ekspress. Jika seorang ibu melakukan persalinan di Rumah Sakit (RS), maka saat sang ibu dan si bayi pulang dari rawat inap di RS tersebut, akan langsung membawa serta pulang akta kelahiran si bayi. Saat ini Disdukcapil sedang menyiapkan kerjasama (MoU) dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Sangatta dan salah satu Rumah Sakit Khusus Persalinan Swasta di Kota Sangatta.

Lebih jauh dikatakan, upaya pelayanan One Days Service ini sudah memasuki tahapan pembenahan dengan menyiapkan perangkat-perangkat pendukungnya. Kelak nantinya, pelayanan one days service ini bukan hanya dilakukan di kantor induk tetapi juga dalam upaya jemput bola ke lapangan. Disdukcapil sudah menganggarkan mobil pelayanan lengkap dengan fasilitas internet dan mesin cetak. Sehingga bagi masyarakat yang tidak bisa mengurus administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil, cukup melakukannnya di mobil layanan keliling.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments