Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun Depan, Kemepan Pastikan Beri Jatah Formasi CPNS untuk Kutim

Tahun Depan, Kemepan Pastikan Beri Jatah Formasi CPNS untuk Kutim

(3298 Views) Oktober 15, 2015 9:16 am | Published by | 109 Comments

Sangatta. Walaupun tahun ini Pemerintah Pusat melakukan moratorium untuk tidak melakukan pengangkatan tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun ternyata, belum lama ini Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara  (Kemenpan)  sudah mempersiapkan rencana pelaksanaan tes penerimaan tenaga PNS pada tahun depan. Bahkan rencana pengrekrutan PNS ini sudah disosialisasikan kepada setiap pemerintah daerah melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD)

Diakui Kepala Bidang Pengembangan BKD Kutim Sudirman Latief, memang tahun depan ada kepastian dari Kemenpan bahwa akan ada formasi PNS baru yang disiapkan untuk setiap daerah, namun jumlahnya sendiri masih belum bisa dipastikan. Hal ini tergantung dari hasil penginputan elektronik formasi (E-Formasi) di masing-masing daerah. Sementara dari hasil penginputan e-formasi Kutim, usulan kebutuhan tenaga PNS di Kutim berjumlah 3120 orang yang tersebar di seluruh dinas dan instansi di Kutim. Saat ini persentase penginputan kebutuhan tenaga PNS di Kutim sudah mencapai 89,6 persen dan diharapkan selesai pada 31 November tahun ini. Hal ini dilakukan agar jatah formasi untuk Kutim pada 2016 nanti dapat di plotkan oleh Kemenpan.

Lanjutnya, ada kemungkinan pada tahun depan, bukan saja ada tes penerimaan CPNS namun juga termasuk penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau pegawai kontrak yang lebih dikenal dengan sebutan (P3K). Namun aturan P3K ini kemungkinan besar baru akan selesai digodok di Kemepan dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pada awal tahun depan.

Saat ini yang menjadi pembahasan bersama antara BKD, BKN dan Kemenpan adalah bagaimana menyeragamkan pelaksanaan tes CPNS, terutama dalam pelaksaan uji kemampuan dasar dan uji kemampuan bidang. Selama ini pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) sudah dilakukan secara on line. Yang saat ini sedang diupayakan bagaimana tes kemampuan bidang (TKB) juga bisa secara online. Sedangkan pembuatan soalnya apakah diserahkan kepada Pusat atau kah kepada masing-masing instansi atau lembaga pembina. Misalnya jika soal formasi tenaga dokter atau kesehatan maka Kementrian Kesehatan yang membuat dan jika formasi guru maka Kementrian Pendidikan yang membuat soal pengujinya. Namun hal tersebut nantinya akan membuat tidak ada keseragaman antar daerah satu dengan daerah lainnya. Sehingga pihaknya berharap soal seluruhnya dibuat oleh Kemenpan dan daerah tinggal mengikuti saja.

(voice)

Untuk diketahui hingga kini jumlah tenaga PNS yang ada di Kutai Timur berjumlah 6617 orang, sedangkan dari hasil input e-formasi Kutim diketahui sementara kebutuhan tenaga PNS di Kutim berjumlah 3120 orang. Hal ini dinilai wajar karena setiap tahunnya dipastikan ada saja PNS yang pensiun atau meninggal dunia. Sehingga kekosongan ini harus tetap diisi oleh tenaga baru.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

109 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments