Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tahun ke 3 Pemberian Obat Kaki Gajah, Puskesmas Sangatta Utara Sosialisasikan ke Seluruh RT

Tahun ke 3 Pemberian Obat Kaki Gajah, Puskesmas Sangatta Utara Sosialisasikan ke Seluruh RT

(812 Views) September 13, 2017 3:48 pm | Published by | No comment

Sangatta – Memasuki tahun ke tiga pemberian obat kaki gajah kepada masyarakat, Puskesmas Sangatta utara menggelar sosialisasi Pemberian Obat Massal Pencegahan Filariasis tahun ke tiga, yang dihadiri para ketua Rukun Tetangga (RT) se-Kecamatan Sangatta Utara. Bertempat di Gedung PKK desa Sangatta Utara, Rabu, 13 September, sosialisasi tersebut berisikan ulasan kembali mengenai penyakit filariasis atau kaki gajah dan sesi diskusi dengan para RT mengenai jadwal pembagian obat serta penyampaian himbauan kepada RT untuk mensosialiasikan kembali mengenai penyakit kaki gajah tersebut kepada warganya.

Menurut Kepala Puskesmas Sangatta Utara, Priskila Rabok mengatakan, sosialisasi digelar untuk menggerakkan para RT agar mengajak warganya untuk datang mengambil obat dan mengkomsumsi obat tersebut. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga lebih memahami dan lebih sadar akan pentingnya pencegahan terhadap penyakit tersebut.

Lebih lanjut Priskila mengatakan, dari dua tahun penyelenggaraan pemberian obat kaki gajah, baru lima puluh empat persen warga yang datang untuk mengambil obat, sementara yang ditargetkan adalah delapan puluh persen dari jumlah warga. Hal tersebut dikarenakan masih banyak dari warga yang tidak mengetahui apa penyakit kaki gajah tersebut.

Penyakit kaki gajah merupakan penyakit yang dapat berakibat pembesaran dan pembengkakan pada bagian tubuh serta dapat menimbulkan cacat seumur hidup, sementara penularannya dapat dengan mudah, yakni melalui gigitan nyamuk yang mengandung cacing filarial.

Dampak penderita kaki gajah mulai dari biaya berobat yang tidak sedikit hingga aktifitas yang terhambat pada penderita karena sampai berujung pada kecacatan. Untuk itu pencegahan lebih baik dari pada mengobati.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments