Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Lulus S1 Tahun ini, 66 Guru Honorer Kutim Bakal Tak Diperpanjang SK TK2D-nya

Tak Lulus S1 Tahun ini, 66 Guru Honorer Kutim Bakal Tak Diperpanjang SK TK2D-nya

(520 Views) September 7, 2015 9:02 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Timur  tahun depan kemungkinan besar tidak akan memperpanjang status guru untuk 66 tenaga guru honorer dan guru PNS, akibat tidak mampu menyelesaikan pendidikan atau kuliah sarjana (S1). Hal ini disampaikan Kepala Disdik Kutim Iman Hidayat saat dikonfirmasi siang tadi.

Kepada awak media, dirinya menjelaskan bahwa lebih dari 2200 guru Kutim baik honorer maupun PNS kini dalam tahap akhir menyelesaikan pendidikan Sarjana (S1) baik di Universitas Terbuka (UT) maupun mengikuti kelas reguler di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. Namun ternyata dalam mengikuti perkuliahan selama 7 tahun terakhir, ada sebanyak 256 guru yang hingga kini belum lulus kuliah. Dari 256 guru ini ada 112 orang guru tersebut dianggap tidak mampu menyelesaikan perkuliahan yang sudah dilaksanakan selama 7 tahun terakhir.

Lanjut Iman, dari 112 orang guru bermasalah, 46 orang kemungkinan besar masih dapat ditolong melalui ujian susulan di Universitas Terbuka. Sedangkan 66 orang sisanya kemungkinan besar tidak dapat menyelesaikan kuliah atau Drop Out (DO). Bagi 66 orang yang kini berstatus guru honorer dan ada juga yang PNS, Dinas Pendidikan akan mengambil langkah-langkah tegas, diantaranya bagi tenaga guru honorer besar kemungkinan tidak akan diperpanjang status guru honorernya pada tahun depan. Sedangkan bagi guru PNS yang bergolongan II, kemungkinan tidak akan dilanjutkan menjadi guru tetapi dialihkan menjadi tenaga Tata Usaha (TU) di sekolah dimana sebelumnya yang bersangkutan mengajar.

(voice)

Lebih jauh Iman mengatakan, walaupun diprediksi akan ada pemutusan hubungan kerja bagi tenaga guru honorer, namun hingga saat ini Disdik Kutim masih berupaya mengusahakan jalan keluar terbaik dengan melakukan koordinasi kepada Universitas Terbuka, agar mau memberikan kelonggaran sehingga beberapa orang  guru honorer ini dapat menyelesaikan studi sarjananya, sehingga tidak sampai ada pemecatan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments