Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Mau Ada Intervensi Politik, DPRD Kutim Sahkan RAPBD Kutim 2016

Tak Mau Ada Intervensi Politik, DPRD Kutim Sahkan RAPBD Kutim 2016

(481 Views) November 19, 2015 8:11 am | Published by | No comment

Sangatta. DPRD Kutai Timur akhirnya menyetujui dan mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kutim 2016 menjadi APBD Kutim 2016. Dalam sidang Paripurna pandangan akhir fraksi-fraksi  yang diikuti 30 anggota DPRD Kutim, seluruh fraksi secara aklamasi menyetujui usulan RAPBD Kutim 2016 untuk kemudian dijadikan Peraturan Daerah (Perda) APBD Kutim 2016 dengan nilai anggaran sebesar Rp 3,5 Triliun. Nilai Rp 3,5 Triliun ini terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp 80 miliar, dana perimbangan Rp 2,9 triliun dan pendapatan lain yang sah Rp 530 miliar. Sementara belanja daerah diproyeksi mencapai Rp 3,9 triliun dan terjadi defisit sekitar Rp 384 miliar.

Ketua DPRD Kutim Mahyunadi, mengatakan ada dua pertimbangan mengapa DPRD Kutim terkesan mempercepat proses pengetukan APBD Kutim 2016. Pertimbangan yang pertama adalah Kutim yang ditunjuk menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Kaltim pada 2018 mendatang memerlukan percepatan dalam mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan even Olah Raga tersebut terutama pembangunan venue. Jika RAPBD Kutim baru disahkan diakhir Desember nanti maka kemungkinan asistensi di provinsi baru bisa dilakukan bulan Februari 2016 mendatang. Maka pembangunan venue baru bisa dianggarkan pada anggaran perubahan 2016 dan pembangunannya baru bisa dilaksanakan pada 2017 mendatang. Jelas hal ini tidak mungkin terselesaikan. Dengan diketuk saat ini maka pada bulan Desember nanti , Pemerintah sudah bisa melaksanakan lelang pekerjaan dan pembangunan sudah bisa dilaksanakan sejak Januari 2016.

Namun alasan yang lebih penting dalam pengesahan RAPBD Kutim 2016 ini adalah DPRD Kutim tidak mau ada intervensi politik jika pengesahan baru akan dilakukan di Desember mendatang atau setelah pelaksanaan Pilkada Kutim. Hal ini dilakukan agar Partai Politik yang Calonnya memenangi Pilkada Kutim tidak bisa melakukan tekanan-tekanan atau tarik menarik untuk mengatur dan mengubah-ubah draf RAPBD Kutim 2016, untuk kepentingan politik. Maka dengan diketuk saat ini, dipastikan APBD Kutim 2016 ini murni dipergunakan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat secara utuh tanpa ada intervensi politik di dalamnya.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments