Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Optimal, Dinas Koperasi Kutim Berencana Tarik Dana Modal UKM di BPR Kutim

Tak Optimal, Dinas Koperasi Kutim Berencana Tarik Dana Modal UKM di BPR Kutim

(742 Views) September 6, 2015 2:05 pm | Published by | 3 Comments

Sangatta. Dinas Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutai Timur berencana akan menarik penyertaan modal di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kutai Timur. Dana sebesar Rp600 juta ini, disertakan sejak tahun 2010 dan memang dikhususkan untuk pembiayaan atau modal para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Kutai Timur. Namun karena rumitnya persyaratan dari BPR kepada pelaku usaha yang mengajukan pinjaman modal, maka dana tersebut hingga kini tidak maksimal digelontorkan.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Ekraf Kutim  M Husaini, menjelaskan bahwa dana Rp600 juta tersebut hingga sekarang baru 2 UKM uang mampu memanfaatkannya. Hal ini karena rumitnya persyaratan yang diberikan oleh pihak bank kepada para pelaku usaha kecil. Kebanyakan para pelaku ini terbentur pada jaminan usaha.

Lanjutnya, ada rencana bagaimana jika dana tersebut ditarik ke Dinas Koperasi untuk dikelola sendiri. Terlebih Dinas Koperasi juga tengah mengelola dana bergulir yang juga peruntukannnya bagi UKM. Rencana penarikan dana ini semata-mata agar para pelaku usaha kecil dan menengah ini benar-benar dapat terbantu dan terntu tidak mengurangi faktor kehati-hatian dalam menyeleksi para UKM mana yang benar-benar layak mendapatkan bantuan modal usaha.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

3 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments