Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Punya Dana Taktis Bencana, BPBD Kutim Gantungkan Harapan ke Pihak Swasta

Tak Punya Dana Taktis Bencana, BPBD Kutim Gantungkan Harapan ke Pihak Swasta

(627 Views) Maret 25, 2015 8:17 am | Published by | No comment

Sangatta. Menghadapi beberapa musibah yang menimpa masyarakat sepeti banjir dan kebakaran, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur mengaku jika tidak memiliki dana taktis untuk penggulangan awal setiap ada bencana yang terjadi di Kutim. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kutim Zainuddin Aspan, usai mengikuti  sidang paripurna pengusulan raperda penanggulangan bencana, siang tadi.

Kepada awak media, pria yang akrab disapa Zai ini mengungkapkan bahwa BPBD Kutim memang tidak memiliki dana taktis untuk dukungan operasional jika sewaktu-waktu ada bencana yang terjadi di Kutim. Diakuinya, memang dana taktis ini sudah pernah diusulkan kepada DPRD, namun hingga kini belum disetujui. Idealnya dana taktis bencana yang disiapkan pemerintah minimal Rp1 miliar per tahun. Sedangkan tahun ini pihaknya hanya diberi anggaran Rp3,3 miliar, yang hanya digunakan untuk administrasi kantor. Itu pun sudah termasuk membayar gaji tenaga honor BPBD sebesar Rp1,2 miliar.

Lanjutnya, jika ada kejadian bencana atau musibah seperti banjir atau kebakaran yang belum lama ini terjadi di Kecamatan Bengalon, pihaknya hanya menggunakan dana dari forum peduli bencana daerah, yang merupakan hasil kolaborasi BPBD Kutim dengan pihak perusahaan di Kutim melalui dana CSR. Selain itu, pihaknya juga mendapat dukungan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat. Seperti tahun ini, pihaknya mendapat bantuan 2 unit perahu fiber dari BNPB Pusat dan 1 unit mobil tangki air bersih, dari BNPB Provinsi Kaltim.

(voice)

Lebih jauh Zainuddin mengatakan, selain dukungan pendanaan, dukungan logistik dan peralatanjuga sangat dibutuhkan BPBD Kutim. Hal ini mengingat jika terjadi bencana terutama jika kejadiannya berlokasi di kecamatan yang ada di pedalaman Kutim, maka selain memerlukan biaya operasional yang besar, dukungan peralatan juga harus mumpuni karena letaknya yang jauh dari Kota Sangatta.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments