Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tak Sesuai Aturan dan Tata Ruang, Bupati Pertimbangkan Perpanjang Izin Usaha Perkebunan Sawit

Tak Sesuai Aturan dan Tata Ruang, Bupati Pertimbangkan Perpanjang Izin Usaha Perkebunan Sawit

(698 Views) September 28, 2016 4:12 pm | Published by | No comment

images-3

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur (Kutim) akan lebih selektif lagi terhadap pengajuan perizinan perusahaan perkebunan di Kutim, baik yang mengajukan perizinan baru ataupun bagi perusahaan yang mengajukan perpanjangan izin operasi. Menurut Bupati Kutai Timur Ismunandar, pemerintah Kutim akan memperketat aturan dan lebih selektif lagi terhadap pengajuan perizinan perkebunan sawit di Kutim. Baik bagi para pengusaha yang baru mengajukan perizinan pembukaan lahan perkebunan baru maupun terhadap pengusaha perkebunan yang mengajukan perpanjangan izin operasi.

Lanjutnya, bagi perusahaan yang sudah beroperasi di Kutim tentu akan ada evaluasi terkait kegiatan perkebunan sawit mereka selama ini. Apakah sudah mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah Kutim. Mulai kesepakatan plasma kepada masyarakat lokal, program Corporate Sosial Responsibility (SCR),  hingga prosedur penanaman yang sesuai dengan tata ruang wilayah yang ada. Termasuk ketentuan batas penanaman sawit yang berbatasan langsung dengan daerah sepandan sungai. Dimana perusahaan tidak boleh menanam sawit dengan batas jarak 100 meter dari pinggir sungai.

Dikatakan Ismu, jika ada perusahaan yang tidak mengindahkan ketentuan yang ada maka hal tersebut menjadi bahan evaluasi dan pertimbangan bagi pihak pemerintah untuk tidak memperpanjang izin usaha perkebunan sawit mereka. Sementara jika ada perusahaan yang sempat vakum atau berhenti beroperasi dan kemudian mengajukan kembali izin usahanya, maka juga akan dipertimbangkan keseriusan perusahaan perkebunan sawit tersebut. Apakah tetap dikeluarkan perizinannya ataukah tidak.

(Voice : Bupati Ismu – Pertimbangkan Perpanjangan Izin Kebun)

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments