Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Target Diketuk Akhir Juli, Pansus Raperda Pilkades Bekerja Cepat

Target Diketuk Akhir Juli, Pansus Raperda Pilkades Bekerja Cepat

(422 Views) Juni 8, 2016 2:43 pm | Published by | No comment

Sangatta. Untuk memenuhi target pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serempak pada September mendatang, Panitia Khusus (Pansus) Raperda Pilkades bekerja cepat. Terlebih pada sebelum akhir Juli mendatang, Raperda ini sudah harus disahkan menjadi Perda. Demikian diungkapkan Ketua Pansus Raperda Pilkades DPRD Kutim, Agiel Suwarno.

Kepada awak media, Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ,mengatakan bahwa sesuai target yang ada, pansus raperda pilkades berupaya agar pengodokan raperda ini dapat diselesaikan akhir bulan ini. Sehingga sebelum akhir bulan Juli mendatang raperda ini sudah bisa disahkan menjadi perda. Bahkan hingga sore ini, pihaknya masih mengadakan pertemuan dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutim untuk membahas raperda tersebut.

Lanjutnya, dalam pembahasan Raperda Pilkades ini, Pansus DPRD tetap merujuk pada Undang-undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintahan Desa. Selain itu, jika merujuk pada Permendagri nomor 112 tahun 2014 pendanaan Pilkades, pendanaannya harus disiapkan melalui APBD. Maka DPRD Kutim akan mengupayakan agar pendanaanya dapat dialokasikan pada APBD Kutim Perubahan 2016 (APBD-P). Sedangkan kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan 85 desa di Kutim yang ingin segera dilaksanakan Pilkades ini kemungkinan estimasi biayanya bisa mencapai Rp 5 miliar hingga Rp 6 miliar. Hal ini karena disesuaikan kondisi geografis dan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dikondisikan jumlah penduduk setempat. namun apakah nantinya pemilihan Pilkades tersebut akan dilakukan secara bertahap atau serempak, juga akan dibahas lebih lanjut.

Lebih jauh dikatakan, jika melihat beberapa daerah lain di Indonesia yang dinilai cukup sukses dalam Pilkades adalah daerah Malang. Sehingga jika memungkinkan maka akan dilakukan studi ke daerah tersebut. Sementara itu, dalam penyusunan Raperda Pilkades ini kemungkinan akan dimasukkan pasal-pasal tambahan yang dianggap teknis, yang nantinya akan diatur dengan Peraturan Bupati (Perbup) dan disesuaikan kewilayahan Kutim. Namun pada dasarnya cukup

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments