Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tidak ada Lonjakan Penduduk Usai Idul Fitri 1438 H Di Kutim

Tidak ada Lonjakan Penduduk Usai Idul Fitri 1438 H Di Kutim

(15619 Views) Juli 3, 2017 4:19 pm | Published by | No comment

Sangatta – Usai arus mudik Idul Fitri 1438 H yang biasanya identic dengan bertambahnya pendatang baru di Kutai Timur, tidak terjadi pada tahun ini. Penambahan daftar penduduk yang masuk untuk menjadi penduduk Kutai Timur pada Bulan Juni sampai dengan saat ini hanya sebesar seratus dua puluh Sembilan orang, sedangkan untuk masyarakat yang mengajukan surat pindah keluar dari Kutai Timur terdata lima ratus Sembilan puluh Sembilan orang. Data disdukcapil per Juli 2017 tersebut menunjukkan justru lebih banyak penduduk yang meninggalkan Kutai Timur dibanding dengan pendatang baru.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, Djanuar Harlian mengatakan, tidak ada lonjakan penduduk usai lebaran, namun hal tersebut bisa dikarenakan para penduduk yang datang belum melaporkan kedatangan ataupun penduduk yang memasuki kutai timur namun tidak mengurus surat pindah dari daerah sebelumnya sehingga tidak melapor ke Disdukcapil.

Sedangkan untuk jumlah penduduk yang keluar menurut Djanuar, biasa didominasi oleh para pelajar yang akan melanjutkan sekolah ke luar daerah, banyak juga diantaranya yang mengajukan pindah karena status kontrak kerja yang berakhir maupun penduduk yang mendapatkan tempat tugas baru di luar Kutai Timur.

Djanuar menambahkan, pada prinsipnya para pendatang baru harus memiliki surat pindah dari daerah sebelumnya sehingga memudahkan dalam pendataan, karena selama ini banyak pekerja yang bekerja di Kutai Timur tidak mendaftarkan surat pindah namun pada saat ada kejadian sakit atau kebutuhan berobat baru akan mengurus surat-surat tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments