Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tidak Primitif Dalam Melihat Upaya Pengelolaan Lingkungan

Tidak Primitif Dalam Melihat Upaya Pengelolaan Lingkungan

(2169 Views) Juli 18, 2017 4:55 pm | Published by | No comment

Sangatta – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun ini mengusung tema “Menghubungkan Manusia Dengan Alam”(Connecting People To Nature), tema ini mengajak kita untuk menyatu dengan alam. Dalam Upacara ini juga diberikan beberapa penghargaan kepada para pemenang lomba pada Peringatan Hari Lingkungan Sedunia Tahun 2017.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur Irawansyah, bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Siti Nurbaya Bakar, dalam sambutannya Menteri Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa bahwa kita semua tidak lagi harus secara primitif dalam melihat upaya pengelolaan lingkungan. Harus moderen dan secara nyata menerapkan pendekatan sustaineble atau berkelanjutan, yang menjadi landmarc moderenitas, pembangunan yang berwawasan lingkungan atau menyatukan manusia dan alam.

Insert : Sekda

Dalam menuju kemajuan dan langkah kedepan. disinilah juga ada konsep keadilan, keadilan kepada anggota masyarakat lain yang harus mendapatkan haknya untuk memperolah  lingkungan yang baik sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 huruf H dan terutama keadilan kepada generasi yang akan datang, dimana kekayaan alam akan diwariskan dari generasi kegenerasi.

Untuk itu harus dihilangkan egoisme sikap Free Rider serta sikap hegemonial atau hukum rimba, yang akhir-akhir ini seperti sengaja dimunculkan gejalanya ditengah-tengah ruang publik. Untuk itu perlu dikembangkan sosial enterprinsip sebagai salah satu penyeimbang supaya kedepan masyarakat dapat lebih menikmati 4 fungsi hutan tersebut.

Harus kita ingat bahwa persoalan lingkungan, dan Sumber Daya Alam (SDA) kita sekarang di Indonesia, sudah lebih advanced, masyarakat sudah lebih maju dalam memahami lingkungan. Juga UUD dan UU tentang peraturan pelaksanaannya lebih advanced dari pada hanya sekedar isu konvensial lingkungan. Jadi jangan ada pihak-pihak yang ingin menarik mundur kebelakang persepsi maupun langkah-langkah dalam upaya moderenitas lingkungan dan pengelolaan lingkungan  yang sudah mulai melembaga.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments