Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » TINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DINAS KESEHATAN SIAPKAN VERIVIKATOR DISETIAP RUMAH SAKIT RUJUKAN

TINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DINAS KESEHATAN SIAPKAN VERIVIKATOR DISETIAP RUMAH SAKIT RUJUKAN

(545 Views) Juni 23, 2016 6:31 am | Published by | No comment

SANGATTA – Peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan di Kabupaten Kutai Timur terus ditingkatkan, hal tersebut dapat dilihat dengan berbagai kemudahan yang diberikan kepada masyarakat yang harus melakukan pengobatan lanjutan ataupun rujukan ke rumah sakit diluar daerah. Baik diluar kecamatan ke Ibu kota Kabupaten maupun ke Provinsi. Kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan rujukan salah satunya ditunjukkan dengan adanya perwakilan petugas pemberi jaminan dari Dinas Kesehatan (Verifikator) yang ditugaskan di setiap rumah sakit rujukan.

Pelayanan kesehatan berjenjang dimulai dari pemberi pelayanan kesehatan tingkat I (PPK I) yaitu Pelayanan di Puskesmas, PPK II pelayanan lanjutan di Rumah Sakit, PPK III pelayanan lanjutan di Rumah Sakit Luar Daerah. Pemetaan rujukan di Kutim dibagi dalam tiga zona. Zona I Sangkulirang, Sandaran, Karangan, Kaubun, Kaliorang, Tepian Baru, Sepaso pasein di rujuk ke RSUD Kudungga Sangatta. Zona II Telen, Kongbeng dan  Muara Wahau pasien dirujuk ke RSUD Kudungga. Zona III Batu Ampar, Busang, Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Long Masangat pasien dirujuk ke RSUD. Wahab Syahrani Samarinda tanpa melewati rujukan dari RSUD Kudungga. Rujukan langsung keluar daerah tersebut diperuntukkan karena jarak tempuh kecamatan di Zona III memiliki jarak tempuh yang lebih dekat ke Samarinda di RSUD. Wahab Syahrani daripada ke RSUD Kudungga.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Hariyati mengatakan, Setiap rumah sakit yang sudah memiliki MoU dengan Dinas Kesehatan Kabupaten kutai timur (Dinkes Kutim) seperti RSUD Kudungga Sangatta, RSUD  Taman Husada Bontang dan RSUD Wahab Syahrani Samarinda diberikan perwakilan tenaga Verifikator untuk memberikan surat jaminan Dinas Kesehatan Kutim jadi jika ada pasien yang dirujuk tidak perlu datang ke Dinas Kesehatan meminta jaminan cukup mengurus di rumah sakit tempat pasien dirujuk. Hal tersebut untuk memudahkan pasien atau masyarakat dalam menjalani pengobatan.

Dengan peningkatan pelayanan tersbut diharapkan dapat meningkatnya pemeliharaan kesehatan yang bermutu, terjangkau dan berkeadilan tanpa membedakan daerah perkotaan ataupun daerah pedesaan dan daerah terpencil.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments