Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Tren Penyakit Tidak Menular Meningkat, Dinkes Kutai Timur Dorong masyarakat Hidup Cerdik.

Tren Penyakit Tidak Menular Meningkat, Dinkes Kutai Timur Dorong masyarakat Hidup Cerdik.

(193 Views) September 10, 2019 3:06 pm | Published by | No comment

Sangatta –  Beban kesehatan pada saat ini menunjukkan adanya pergeseran tren dari penyakit menular menjadi meningkatnya penyakit tidak menular atau non-communicable diseases (NCD). Maka dari itu sangat penting jika pelayanan kesehatan diarahkan ke upaya-upaya promotif dan preventif, seperti lewat promosi kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur Bahrani menyampaikan dalam sambutannya pada acara  penilai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pratama (FKTP) Berprestasi Tingkat Nasional, Selasa 10 September 2019 yang bertempat di Bord Room PT. KPC Tanjung Bara.  bahwa saat ini tren penyakit tidak menular meningkat hingga 65%, penyakit tersebut diantaranya, stroke, darah tinggi, diabetes, ginjal serta penyakit lainnya. Oleh karenanya selain promosi kesehatan seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, melalui Dinas Kesehatan juga menghimbau masyarakat untuk dapat hidup Cerdik, yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin Olahraga, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress.

Selanjutnya ia berharap dengan promosi kesehatan serta program akreditasi Fasilitas Kesehatan oleh kementrian Kesehatan Republik Indonesia, maka dapat menjadikan Program CERDIK sebagai langkah preventif yang dibuat agar masyarakat yang masih sehat dan bugar dapat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM)

Voice : Mike Trigunawati

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Tags: , , ,
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments