Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ujian Nasional Berbasis Computer Based Test

Ujian Nasional Berbasis Computer Based Test

(414 Views) Januari 19, 2016 4:32 am | Published by | No comment

SANGATTA – SMA/SMK se-Kutai Timur yang akan mengikuti Ujian Nasional serentak pada 4-6 April 2016 nanti, ternyata hanya satu sekolah yang akan ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer atau disebut juga Computer Based Test. Sekolah dimaksud yakni SMA Negeri I Sangatta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Iman Hidayat, saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan dari 42 sekolah akan ada sebanyak 3.005 siswa SMA/SMK akan mengikuti UN serentak. Sebanyak 225 diantaranya, merupakan siswa SMA I, akan ikut CBT. Mengapa hanya satu sekolah saja. Ternyata menurut pertimbangan Kadisdikbud, jadwal pelaksanaan UN berbasis komputer akan memakan waktu dua kali panjang waktu ujian normal yakni 4-12 April. “Hasil ujian nantinya juga harus menunggu rekapitulasi dari pusat. Ini sangat berbeda dengan UN sistem manual atau paper based test,” katanya.

Masalah lain dalam pelaksanaan ujian komputerisasi adalah, terbatasnya jumlah perangkat komputer. Dia mengaku saat ini jumlah komputer yang tersedia di SMA Negeri 1 Sangatta Utara hanya 36 unit, sementara peserta ujian ada 255 siswa. Dengan kondisi tersebut, maka terpaksa pihak sekolah meminta kepada siswa yang memiliki laptop untuk bisa digunakan saat UN. Dikatakan Iman, usaha yang kini dilakukan Disdikbud Kutim dan pihak sekolah menghadapi ujian nasional tahun ini adalah menambah jadwal try out. Biasanya hanya dua kali, kini menjadi empat kali jelang pelaksanaan ujian nasional. “Hal ini perlu, karena tahun lalu Kutim berada di peringkat 4 nilai tertinggi se-Kaltim.

Dengan penambahan jadwal tryout ini diharapkan terjadi peningkatan. Namun yang terpenting bagaimana siswa dapat memahami materi ujian agar dapat mengerjakan ujian dengan baik dan benar,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments