Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Untuk Jadi Warisan Dunia, Karst Sangkulirang Mangkaliat Butuh Waktu 5 Sampai 10 Tahun

Untuk Jadi Warisan Dunia, Karst Sangkulirang Mangkaliat Butuh Waktu 5 Sampai 10 Tahun

(618 Views) September 22, 2017 1:20 pm | Published by | No comment

Sangatta – Peninggalan sejarah yang berada di Kutai Timur Gua tapak Tangan Karst, ditargetkan menjadi salah satu warisan dunia. Untuk mencapai hal tersebut, harus melewati berbagai proses yang memakan waktu lima sampai dengan sepuluh tahun kedepan, demikian yang disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Kutai Timur, Iman Hidayat.

Menurut Iman, kawasan karst sangkulirang mangkaliat menjadi target warisan dunia dan saat ini sudah masuk dalam nominasi Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB-Unesco, sejak tahun 2015 lalu. Saat ini Pemerintah Kutai Timur melalui Dinas Kebudayaan Kutai Timur masih melakukan pemenuhan persyaratan kelengkapan yang diwajibkan Unesco.

Lebih lanjut Iman mengatakan, meski ditargetkan akan menjadi tempat tujuan wisata, Iman berharap masyarakat dan pengunjung dapat melindungi warisan sejarah tersebut, jangan sampai menimbulkan kerusakan, jika sampai terjadi kerusakan maka diharapkan dapat langsung berkoordinasi dengan pihak Kebudayaan agar dapat segera ditangani.

Luasan karst Sangkulirang Mangkaliat secara ekosistem yakni satu koma delapan juta hektar yang  tersebar dari Kutai Timur sampai ke Berau. Dari penelitian yang sudah dilakukan dan masih berlangsung saat ini, jumlah gua di karst sebanyak seratus lima puluh lebih. Dari jumlah tersebut tujuh puluh dua diantaranya sudah dilakukan penelitian untuk mengetahui isinya dan keunikannya. Dari keseluruhan yang sudah diteliti ada empat puluh enam gua yang terdapat tapak tangan.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments