Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Untuk Meningkatkan Produksi Padi Di Kutai Timur, Distan Kutim Terus Meningkatkan Sinergisitas Bersama Kodim 0909/Sgt

Untuk Meningkatkan Produksi Padi Di Kutai Timur, Distan Kutim Terus Meningkatkan Sinergisitas Bersama Kodim 0909/Sgt

(1235 Views) Januari 15, 2018 1:13 pm | Published by | No comment

Sangatta – Senin 15/1/2018, Dari tujuh ribu hektar lahan sawah yang ada di Kabupaten Kutai Timur, hanya empat ribu hektar yang masih produktif. Hal tersebut lah yang mempengaruhi kurangnya kebutuhan stok beras bagi Kab. Kutai Timur. Untuk tingkat produksinya sendiri, lahan pertanian tersebut hanya mampu menghasilkan empat sampai dengan lima ton padi per hektar nya. Produktifitas lahan sawah di Kab. Kutim ini dirasa masih sangatlah rendah, padahal idealnya lahan sawah yang ada harus dapat menghasilkan delapan sampai dengan sembilan ton per hektarnya, agar dapat memenuhi kebutuhan beras sebanyak tujuh puluh ribu ton pertahun di Kab. Kutim.  Dengan melihat jumlah produksi padi yang dihasilkan oleh lahan sawah yang ada pada saat ini, hal tersebut tentu lah belum bisa menutupi kebutuhan stok beras untuk Kab. Kutim sendiri.

 

Sementara itu untuk mendongkrak produksi padi para petani, Dinas Pertanian Kab. Kutim, juga telah mengembangkan padi gunung atau padi ladang agar dapat memenuhi kebutuhan beras di Kab. Kutim. Selain berkomitmen akan meningkatkan produksi padi melalui peningkatan kinerja para aparaturnya, Distan Kutim juga terus meningkatkan sinergisitas dengan pihak Kodim 0909 Sangatta dalam melakukan pembinaan serta pendampingan kepada para petani pada seluruh Kecamatan yang tersebar di Kab. Kutim. Kepala Dinas Pertanian Kab. Kutim, Sugiono, saat ditemui oleh RPD Kutim menuturkan, dengan menggandeng pihak Kodim 0909 Sangatta, pihaknya juga berupaya menambah luas lahan pertanian dengan terus mencari potensi lahan produktif baru untuk meningkatkan produksi lumbung padi pada Kab. Kutim.

(Voice – Kadistan Kutim, Sugiono)

 

Komandan Kodim 0909 Sangatta, Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha,  ditemui di sela kegiatannya, menyatakan, pihaknya selalu siap bekerja sama dengan pihak Distan Kutim untuk turut mensukseskan program Swasembada Pangan, serta  pihak TNI akan terus mendukung program pemerintah yang langsung bersentuhan kepada rakyat. Ditambahkan olehnya, bahwa kerjasama yang dilakukan oleh Distan Kutim kepada Pihak Kodim 0909 Sangatta, telah terjalin dan berjalan dengan baik.

(Voice – Dandim 0909 Sangatta, Letkol Inf. Kamil Bahren Pasha)

Dengan adanya sinergisitas tersebut, diharapkan kedepan nantinya dapat mendongkrak nilai produksi padi di Kab. Kutim, agar dapat menyokong program Swasembada Pangan.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments