Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Usai Ramadhan, Stok Darah PMI Kutim Menipis

Usai Ramadhan, Stok Darah PMI Kutim Menipis

(2782 Views) Juli 4, 2017 4:47 pm | Published by | 248 Comments

Sangatta –  Sejak bulan Ramadhan 1438 H hingga saat ini stok darah yang dimiliki Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Timur menipis. Berkurangnya stok dari bulan-bulan sebelumnya tersebut dikarenakan banyaknya pendonor aktif yang terdaftar di PMI tidak mendonorkan darah pada bulan Ramadhan dikarenakan berpuasa, sementara permintaan setiap harinya terus bertambah.

Menurut Kepala Markas PMI Sangatta ditemui dikantornya Selasa, 4 Juli, permintaan darah cukup banyak terutama pada golongan darah A dan O, sedangkan jumlah pendonor selama Ramadhan menurun. Namun untuk keadaan darurat menurutnya sampai dengan saat ini masih bisa teratasi. Jika ada keadaan darurat Timnya akan mengontak pendonor aktif yang sudah terdaftar untuk meminta kesediannya mendonor.

Selain itu tim PMI mensiasati kekurangan stok darah tersebut dengan melakukan kerjasama dengan instansi-instansi maupun rumah ibadah seperti gereja untuk melakukan donor darah bersama.

Permintaan darah terbanyak setiap bulannya didominasi untuk pasein melahirkan dan persiapan pasien operasi. Permintaan darah biasanya dilakukan pihak rumah sakit sehari atau dua hari sebelum penangan.

Sampai saat ini pendonor tetap yang terdaftar di Kutai Timur berjumlah seribu orang yang mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

248 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments