Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » VERIFIKASI PENILAIAN: LAYAKKAH KUTAI TIMUR MENJADI KABUPATEN SEHAT?

VERIFIKASI PENILAIAN: LAYAKKAH KUTAI TIMUR MENJADI KABUPATEN SEHAT?

(551 Views) September 29, 2015 8:57 am | Published by | No comment

 

Screenshot_2015-09-29-15-34-35

Suprihanto saat pemaparan. depan: Para Tim Verifikasi

SANGATTA- Untuk mewujudkan kota yang sehat perlu tatanan yang mampu meyakinkan untuk berdirinya suatu kota yang layak disebut sehat. bertempat di Hotel Royal Victoria, Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kutai Timur melaksanakan Presentase Implementasi Forum kabupaten Sehat dalam rangka Verifikasi Penilaian Forum Kabupaten Sehat. acara ini dihadiri sejumlah FKPD seperti Dandim 0909 Sangatta, Anggota Polres Kutai Timur, Anggota DPRD serta anggota FORKAT Kutai Timur.  selain itu, hadir pula sejumlah tim verifikasi penilaian diantaranya, Misriyati, SKM. MM dari Kementerian Kesehatan sebagai ketua tim verifikasi, kepala Bappeda Kutim Ir. Suprihanto. CES yang juga sebagai ketua pembina Forkat yang didampingi ketua Forum Kabupaten Sehat Anton.

Dalam wawancara dan pemaparannya, Suprihanto menyampaikan bahwa sesui surat yang telah dikirim ke pusat ada 5 tatanan pilihan kabupaten sehat diantaranya (1) pemukiman dan prasarana sehat (2) pertambangan sehat (3) industri dan perkantoran sehat (4) kawasan masyarakat sehat (5) pariwisata sehat yang sedang dilakukan dan diyakini. hapannya ada manfaat yang positif dirasakan oleh masyarakat Kutai Timur. Sedangkan Ketua FORKAT Anton mengatakan dengan proses yang dilakukan melibatkan masyrakat dan program- program pemerintah supaya hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. lebih jauh dikatakan, salah satu ikon dari FORKAT adalah “gerakan jumat bersih” yang sudah dirasakan langsung oleh masyarakat dan turut melibatkan unsur/ elemen di Kutim termasuk dari Polri, Dandim, pemerintah bahkan bupati juga ikut dalam kegiatan ini. Anton berharap, apa yang telah disampaikan april lalu ke pusat tentang apa yang akan diverifikasi hari ini lebih baik kedepannya. sedangkan untuk kecamatan yang disurvei langsung hari ini, 2 2 kecamatan yang berada di kabupaten kota yakni kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan dipilih melihat kedua kecamatan inilah terdapat komplikasi masalah kesehatan karena jumlah penduduk yang cukup padat.

Terkait lima tatanan yang disipakan oleh FORKAT, menurut Suprihanto maupun Anton pemukiman sehat diantaranya yang terdapat di Mujur Jaya, Jalan Munthe . sedangkan untuk pertambangan sehat adalah pasca tambang yang telah dikelola seperti PESAT, serta kawasan masyarakat sehat yaitu lomba kampung bersemi yang hari ini sedang verifikasi. ” Anton saat diwawancara”.

Sementara itu, ketua tim verifikasi Masriyati dari Kemenkes mengatakan dari ke 5 tatanan yang diajukan ini akan mereka verifikasi dilapangan, apakah 2 atau 3  dari yang mereka anggap layak yang akan diberikan predikat layak. dikatakannya, jika ingin Kutai Timur menjadi kabupaten sehat bisa juga study banding ke kota Bontang yang sudah berapa kali mendapatkan penghargaan. lebih jauh dikatakan, verifikasi ini bukanlah sebuah hasil akhir tapi adalah prosesnya yaitu adanya kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat karena saat ini sedang digaungkan pemberdayaan masyarakat. oleh karena itu sejauh mana keterlibatan masyarakat, mulai dari perencanaan sampai pengambilan keputusan dan sejauh mana masyarakat itu merasakan manfaat dari program yang difasilitasi oleh pemerintah. (EST)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments