Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Verifikasi Peserta MTQ, Jaminan Menuju Provinsi

Verifikasi Peserta MTQ, Jaminan Menuju Provinsi

(605 Views) Maret 15, 2015 1:29 pm | Published by | No comment

verifikasiSangata, Rabu 15/03/15.  MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an) XI sebagaimana yang di jadwalkan oleh Panitia MTQ, sudah mencapai tahap Verifikasi, ini dimaksudkan agar peserta lomba tertib terutama dalam hal administrasi. Verifikasi ini di laksanakan sebelum peserta dilombakan, Standar Verifikasi sendiri di tentukan oleh LPTQ(Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) pusat, jakarta.

Adapun persyaratan secara Umum untuk menjadi peserta lomba diantaranya, KTP(Kartu Tanda Penduduk) untuk Dewa, Ijazah, Surat Keterangan(jika dari pesantren), Kartu Pelajar dan Akta kelahiran. Untuk sementara ini verifikasi yang di lakukan LPTQ Kutai Timur, menurut Ketua Verifikasi Fahmirasyad MM. yang di temui saat jam istirahat, mengatan bahwa “Verifikasi ini akan diikuti oleh 18 Kecamatan yang ada di Kutai Timur, sedangkan yang telah masuk verifikasi ada 6 kecamatan, serta sisanya akan di lanjutkan setelah dzuhur pukul 13.00 Wita. akan tetapi jika masih ada yang belum masuk, maka proses akan dilanjutkan Senin 16/03/15”. Fahmirasyad MM,menambahkan dari 6 Kecamatan  ada beberapa Peserta yang tidak Lulus di karenakan faktor umur yang lebih tua dari kententuan LPTQ.

Mengenai peserta sendiri di haruskan dari Kutai Timur dan bukan orang luar, bayaran dari Luar. Jika ada maka mereka akan didiskualifikasi, Tujuannya agar Kutai Timur menjadi Daerah yang memiliki Qori/Qoriah dan Hafidz/Hafidzah yang Handal hingga mewakili Kutai Timur ketingkat Provinsi bahkan Tingkat Nasional, yang benar-benar milik Daerah. Juga akan datang Kutai Timur menjadi tempat pengembangan AlQur’an di berbagai kecamatannya.

Sedangkan yang lebih di perketat dan yang paling jarang masuk Verifikasi adalah biadang Hifdzil Qur’an dan Tafsir qur’an, dimana peserta diwajibkan Hafal Qur’an juga harus menguasai Tafsirnya dengan tiga bahasa yaitu Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.

Dalam penyelenggaran MTQ XI ini akan memperlombakan 7 Cabang perlombaan yaitu, Cabang Tilawah AlQur’an, Hafidz AlQur’an, Tafsir AlQur’an, Fahm AlQur’an, Syarh AlQur’an, Khath AlQur’an dan Musabaqah Maqalah AlQur’an.

Lebih lanjut menurut Fahmirasyid MM. Peserta yang lolos dalam Verifikasi tingkat Kabupaten ini biasanya pasti lolos dalam Verifikasi Tingkat Provinsi, dengan kata lain lolos dalam Verifikasi ini jaminan lolos verifikasi di Provinsi. Menyinggung mengenai perubahan Standar Verifikasi Kabupaten hanya mengikuti standar Pusat, jika standar Pusat berubah, maka standar Kabupaten juga ikut berubah.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments