Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati : Jumlah Peserta KTNA Harus Balance, SDM Nelayan Juga Harus ditingkatkan

Wakil Bupati : Jumlah Peserta KTNA Harus Balance, SDM Nelayan Juga Harus ditingkatkan

(392 Views) Mei 10, 2016 6:31 am | Published by | No comment

Sangatta – Dalam pelepasan 179 kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Kutai Timur, yang dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang. Pelepasan Kontingen KTNA kali ini, dalam rangka mengikuti Pekan Daerah (PEDA) KTNA Ke-9 di Kabupaten Penajam Paser Utara pagi tadi selasa (10/5) diruang Meranti Kantor Bapati. Peserta KTNA Kutai Timur ini terdiri dari 142 peserta inti dan sekitar 80 persen pesertanya didominasi oleh petani, sedangkan 20 persen oleh nelayan.

Ditemui awak media usai kegiatan tersebut, terkait dengan peserta KTNA ini Wakil Bupati Kasmidi Bulang menginginkan peserta yang mengikuti PEDA KTNA kedepannya harus seimbang (balance) anatar pentai ndan nelayan sekitar 60 persen petani dan 40 persen adalah nelayan.

Kasmidi Bulang mengatakan  peningkatan di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dari sisi nelayan juga harus ditingkatkan, karena Kutai Timur memiliki garis pantai yang sangat luas 153 KM persegi, tentunya hal ini merupakan potensi yang dapat digali sebagai Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat dimanfaatkan.

Voice Wakil Bupati_SDM Nelayan Harus ditingkatkan

Lebih jauh, Kasmidi Bulang menegaskan terkait dengan diberlakukannya Undang-Undang nomor 23 tahun 2014, maka kewenangan dari Dinas Pendidikan SLTA, Pertambangan, Kehutanan, dan  Dinas Kelautan ditarik oleh Provinsi. Menanggapi hal tersebut, Kasmidi Bulang menuturkan bahwa para petani dan nelayan tidak turut ditarik oleh Provinsi.  Kedepannya ini menjadi pengalaman yang berharga, dengan dibatasinya kewenangan ini, Kasmidi Bulang berharap Pemerintah dapat mencari peluang-peluang yang baik untuk meningkat Sumber Daya Manusia termasuk dari sisi petani maupun dari sisi nelayannya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments