Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Minta KNPI Bantu Pemkab Inventarisasi Potensi-Potensi Wilayah di Kutim

Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Minta KNPI Bantu Pemkab Inventarisasi Potensi-Potensi Wilayah di Kutim

(353 Views) Agustus 14, 2016 5:21 am | Published by | No comment

Sangatta – Kabupaten Kutai Timur, memiliki potensi-potensi wisata yang belum digali secara maksimal, Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengatakan bahwa Kutim memiliki wisata pantai yang luar biasa dan wisata bawah laut yang tidak kalah jika dibandingkan dengan wisata bawah laut yang ada di Kabupaten Berau, jika wisata bawah Kutim digali dengan sungguh-sungguh.

Kasmidi menambahkan bahwa Kutim juga memiliki wisata budaya yang luar biasa, yang terjaga sampai dengan hari ini, contohnya di Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng ada rumah-rumah suku dayak berupa lamin adat dan  di Kecamatan Muara Wahau, ada Hutan Wehea yang sudah terkenal bahkan sampai Internasional. Hutan Wehea tersebut dikatakan, telah digaransi atau dibaiayai oleh dunia, karena sudah dikenal sebagai paru-paru dunia, sehingga keberadaannya selalu dimonitor oleh dunia, yang setiap tahunnya ada anggaran yang masuk untuk menjaga dan melestarikan hutan wehea tersebut.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengungkap salah satu potensi wisata yang ada di Kutim, yang tidak kalah penting, yaitu wisata Karst. Karst  yang dimaksud merupakan peninggalan dalam bentuk goa-goa, yang terletak di bukit Karst, yang dulunya kemungkinan sebagai tempat peristirahatan manusia purba. Dirinya menyatakan pada saat melakukan ekspedisi yang dipimpinnya langsung bersama dengan SKPD dan tokoh masyarakat serta media, ternyata jumlah Karst itu banyak sekali dan umumnya ternyata paling tua se-Asia, bahkan lebih tua dari Karst yang ada di Thailand. Karena di Karst Kutim,  kita dapat melihata bukti-bukti sejarah seperti telapak-telapak tangan yang masih ada sampai saat ini, disamping itu juga ada peninggalan bersejarah seperti alat minum. Kasmidi mengatakan bukti-bukti sejarah tersebut harus dipamerkan kepada daerah-daerah lainnya

Lebih Jauh, Kasmidi mengatakan karst sendiri tidak dimiliki oleh semua Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, maka dari itu Bupati Kutim Ismunandar mencanangkan, agar Wisata Karst Kutim dapat dijaga dan harus dikawal terus.

Perlu diketahui, bahwa Karst Kutim ternyata sudah menjadi jualan bagi orang-orang diluar negeri seperti di Jerman, Belanda mereka sudah menjual gambar-gambar Karst yang ada di Kutim, karena disana sudah dijadikan handicraf, gantungan kunci dan sebagainya.Hal tersebut, tidak kita mengetahui, dia mengakui alangkah sayangnya hal ini, karena merupakan aset kutim sendiri.

Untuk itu, Kasmidi mengatakan Pemerintah Kutim, akan merasa bangga dan sangat bersyukur apabila KNPI Kutim dapat membantu Pemerintah Daerah dalam  menginventarisir semua potensi-potensi yang ada di Kutim seperti Karst tersebut. Untuk itu dirinya mengajak semua, baik KNPI maupun pelajar-pelajar bisa menjaga dan melestarikan serta mencari potensi-potensi yang ada di Kutim semua peninggalan-peninggalan bersejarah yang ditemukan dapat dilaporkan kepada Pemerintah Daerah karena dapat menjadi salah satu aset kedua, yang bisa menjadi Pendapatan Asli Daerah.

Voice Wakil Bupati Kasmidi Bulang

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments