Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati Kasmidi : Desa Tangguh Bencana diharapkan Memiliki Kemandirian Untuk Beradaptasi Terhadap Ancaman Bencana

Wakil Bupati Kasmidi : Desa Tangguh Bencana diharapkan Memiliki Kemandirian Untuk Beradaptasi Terhadap Ancaman Bencana

(430 Views) November 29, 2016 2:26 pm | Published by | No comment

aSangatta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, menggelar Lokakarya Seminar Akhir Kegiatan Fasilitas Ketangguhan Masyarakat Desa Tahun 2016, diruang Meranti Kantor Bupati Bukit Pelangi. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang.

Pada Kesempatan itu, Kasmidi Bulang berharap kegiatan-kegiatan yang telah dan sedang dilakukan diantaranya pengenalan program fasilitasi, pemberdayaan dan pengembangan ketangguhan masyarakat serta pelatihan relawan oleh BPBD Kabupaten Kutai Timur dan stakeholder terkait, termasuk Pemerintah dan Masyarakat Desa bisa dipahami dan berjalan dengan tahapan yang ada.

Lebih lanjut, Kasmidi menambahkan, kepada dunia usaha diberikan apresiasi dan terima kasih kepada PT.KPC, PT.Indominco Mandiri, PT.Pertamina, PT.Thiess, PT Pama Persada, Hotel Royal Victoria, dan Taman Balai Nasional Sangkima Manggalaki, dia mengatakan dimana telah berpartisipasi dan ambil bagian memfasilitasi beberapa kebutuhan dan sarana, Prasarana serta peralatan yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan kegiatan yang telah dilaksanakan itu.

Lebih jauh, dikatakan dengan adanya program Desa Tangguh Bencana yang diharapkan kepada Desa-Desa yang telah ditunjuk sebagai Desa tangguh untuk tahun 2016, benar-benar dapat memiliki kemandirian untuk beradaptasi terhadap ancaman bencana sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan BPBD No.1 tahun 2012 tentang pedoman Desa kelurahan tangguh bencana.

Sementara itu, Kepala BPBD Zainudin Aspan mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk mengevaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan di Desa yang telah ditunjukkan sebagai Desa tangguh, dan BPBD sampai saat ini, telah menyelesaikan 9-10 indikator dari 20 indikator yang ditetapkan. Indikator tersebut diantaranya adalah kegiatan yang berkaitan dengan pelatihan relawan, evakuasi, pembuatan peta lokasi kebencanaan dan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments