Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati Minta, Acara Lom Plai Dikemas Lebih Baik dan Terkoodinir Tahun Depan

Wakil Bupati Minta, Acara Lom Plai Dikemas Lebih Baik dan Terkoodinir Tahun Depan

(771 Views) April 10, 2017 12:49 pm | Published by | No comment

Wakil Bupati, Kasmidi Bulang (Foto Tengah) didampingi Camat Muara Wahau, Irang Ajang (Foto kiri) dan Kepala Adat Dayak Wehea Desa Nehas Liah Bing, Ledjie Taq (RPDKUTIM/WAK HEDIR)

Sangatta – Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang meghadiri Pesta Adat Lomplai atau Pesta Panen Suku Dayak Wehea,  di Desa Nehas Liah Bing (Slabing) Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur. Kasmidi Bulang didampingi Istri tercinta Tirah Satriani serta Putra keduanya Khafi.

Kepala Adat Dayak Wehea bersama warga Desa Nehas Liah Bing begitu antusias menyambut kedatangan Wakil Bupati, bersama rombongan,  yang terdiri dari anggota DPRD, diantaranya yang hadir Arang Jau, Sobirin Bagus, Anjas Said. Selain itu, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajarannya, perwakilan FKPD baik dari Polres Kutim, Kodim 0909/Sangatta, Lanal Sangatta,  pihak Perusahaan, Komunitas-Komunitas Pecinta Alam dan Fotografer baik dari Kutim, serta Media dari Kutim, Kaltim dan Nasional meliput kegiatan tersebut.

Ditemui awak media  Kasmidi Bulang, usai menyaksikan Tari Perang Perahu dan Lomba Dayung, mengatakan  Pesta Adat Lom Plai tersebut sudah dilaksanakan ratusan tahun oleh Suku Dayak Wehea yang terus dijaga dan digelar setiap tahunnya selesai panen. Pesta Adat Lom Plai sudah dipromosi Se-Nusantara, namun tidak terblow up. Ini menjadi tugas Pemkab Kutim melalui Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan, sehingga tahun depan bisa dikemas dengan baik. Karena yang datang dari luar Kutim mencapai ratusan orang. Dia mengungkapkan, kedepannya pelaksanaannya harus ada peningkatan dan dikoordinir oleh Dinas terkait, walau acara tersebut merupakan acara adat.

Insert : Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang

Lebih jauh, Kasmidi berharap, acara budaya-budaya di Kutim, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masayarakat setempat. Dengan menjual kerajinan-kerajinan tangan khas sukunya. Karena yang menghadiri acara bukan hanya dari Kutim saja,  dari luar Kutim, bahkan ada yang dari Luar Negeri. Tentunya ini menjadi peluang untuk masyarakat bisa meningkatkan perekonomian.

Rangkaian kegiatan Lom Plai  disaksikan Wakil Bupati dan rombongan, mulai dari ritual penyambutan tamu, Pembersihan Kampung, Tari Perang Perahu, Lomba Dayung, dan Pertunjukan tarian masal hudoq.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments