Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Warga Wehea Usulkan Perda Kukuhkan Hutan Adat dan Masyarakat Adat Wehea

Warga Wehea Usulkan Perda Kukuhkan Hutan Adat dan Masyarakat Adat Wehea

(1093 Views) Juni 30, 2016 8:32 am | Published by | 6 Comments

Sangatta. Upaya menjaga kelestarian budaya dan hutan Wehea yang dilakukan masyarakat dayak wehea di perkampungan Nehes Liah Bing Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur, ternyata terancam tak terakui hukum. Pasalnya hingga kini belum ada payung hukum yang mengatur dan mengakui keberadaan masyarakat dan hukum adat Wehea.

Dalam kegiatan diskusi yang digelar Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutim bekerjasama dengan LSM The Nature Conservancy (TNC) dan tim ahli hukum Universitas Gajah Mada (UGM), yang dihadiri beberapa instansi terkait dan tokoh masyarakat Dayak Wehea, dikemukakan bahwa upaya masyarakat Dayak Wehea untuk menjaga kelestarian hutan wehea terancam kandas akibat hingga saat ini keberadaan masyarakat dan hukum adat wehea belum terakui secara formal, seperti dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).  Sehingga dianggap sangat perlu Pemerintah Kutim melalui BLH mengajukan usulan pembentukan Perda terkait pengakuan masyarakat dan hutan adat wehea tersebut. Demikian diungkapkan Kepala BLH Kutim Ence Ahmad Rafiddin Rizal.

Lanjutnya, sebagai dasar dalam pengajuan perda masyarakat dan hutan adat wehea tersebut adalah berpedoman pada UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa BLH memiliki kewenangan dalam sebagai pembina masyarakat hukum adat dalam pengelolaan lingkungan hidup. Mengingat kondisi yang ada saat ini bahwa belum adanya pengakuan utuh terhadap masyarakat adat wehea maka dengan adanya Perda nantinya akan menjadi legitimasi keberadaan masyarakat adat wehea, yang memang selama ini bertugas menjaga kelestarian hutan wehea.

(Voice : EA Rafiddin – Ajukan Perda Adat Wehea)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

6 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments